Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah ABK tenggelam di perairan Surangai Mahakam, Kutai Kartanegara, Kaltim, Sabtu (16/16/2021). (Foto: iNews/Fuji Mustopan)
Fuji Mustopan

KUTAI  KARTANEGARA, iNews.id – Empat anak buah kapal (ABK) yang menumpang perahu pulang berbelanja, tenggelam di perairan Sungai Mahakam Pal 07 Desa Rempang, Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Tiga di antaranya ditemukan selamat sementara seorang lagi tewas.

Kronologi kejadian berawal saat para ABK tersebut berbelanja. Mereka kemudian hendak kembali ke kapal tugboat usai berbelanja dengan menaiki perahu. Namun, saat perahu yang ditumpangi akan sampai, tali tugboat tiba-tiba terjatuh mengenai perahu cas yang ditumpangi. Akibatnya perahu karam, Kamis (16/10/2021) malam, pukul 21.00 Wita.

Dalam kejadian tersebut, tiga ABK ditemukan selamat di hari yang sama yakni, Irwan, Suwardi, dan Sabirin. Sementara itu Supardi tenggelam. Pencarian yang dilakukan tidak membuahkan hasil.

Tim SAR gabungan kemudian melanjutkan pencarian dan baru menemukan Supardi, Sabtu (16/10/2021), pukul 09.59 Wita, dalam keadaan tak bernyawa. 

“Jasadnya ditemukan berjarak hingga 1 kilometer dari titik korban tenggelam,” kata Kepala Basarnas Kelas A Balikpapan Melkianus.

Paman korban  Supardi, Adi membenarkan yang ditemukan oleh tim Basarnas tersebu keponakannya. Setelah ditemukan,  jasad Supardi langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Parekesit Kutai Kartanegara untuk diperiksa lebih lanjut dan dikebumikan.


Editor : Maria Christina

BERITA TERKAIT