Anak-anak muda yang diamankan Polres Kapuas Hulu karena terlibat balapan liar di waktu sahur. Kegiatan mereka ini meresahkan warga sekitar.(ANTARA)
Antara

PONTIANAK, iNews.id-Jam sahur, Polres Kapuas Hulu justru menertibkan Balap liar di sekitar Bundaran Pancasila Putussibau. Aksi anak-anak muda kebut-kebutan ini meresahkan warga setempat. 

Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar mengatakan, balap liar para pemuda itu kerap kali terjadi sekitar pukul 02.40 WIB. Pelaku aksi balap liar diamankan beserta barang bukti berupa sepeda motor.

“Kami lakukan pemanggilan terhadap orangtua mereka," katanya, Jumat (15/4/2022).

France menjelaskan, penertiban balap liar dilakukan oleh Tim Enggang Kapuas dan Anggota Satlantas Polres Kapuas Hulu. Sebelumnya sejumlah masyarakat menyampaikan keluhan.

“Masyarakat merasa resah dan terusik atas perbuatan sejumlah pemuda yang melakukan aksi balap liar,” terangnya.

Selain itu, kata perwira dua mawar di pundak ini,  sepeda motor yang digunakan balap liar rata-rata sudah dimodifikasi dengan knalpot yang tidak sesuai standar. Menimbulkan suara yang memekakkan telinga.

"Mereka (pelaku balap liar) telah membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya," tambahnya.

Kepada para orang tua, kata France, dia meminta agar para orangtua memperketat pengawasan terhadap anak, terutama yang menggunakan sepeda motor. Dia minta orangtua untuk lebih tegas dan ketat mengawasi.

“Jangan sampai melakukan perbuatan yang mengancam nyawa dirinya sendiri dan orang lain dengan balap liar atau pun kenakalan remaja lainnya," tambahnya.(*)


Editor : Febrian Putra

BERITA TERKAIT