Ketua RT di Tebo, Jambi tewas dibunuh kakak ipar karena menghilangkan doa khotbah Idul Fitri, Sabtu (22/5/2021). (Foto: iNews/Budi Utomo)
Budi Utomo

TEBO, iNews.id - Ketua RT di Desa Sido Rukun, Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo, Jambi tewas dibunuh kakak ipar. Korban dibunuh karena meniadakan doa khotbah Idul Fitri.

Korban Jatmiko (40) dibacok pelaku Sumardi (49) hingga tewas pada Sabtu (22/5/2021) sore di rumahnya di Jalan Sabang I Desa Sido Rukun. 

Korban saat itu baru pulang dari bepergian bersama istri dan anaknya. Pelaku sudah menunggu di rumah korban dengan membawa parang. 

Sumardi (49) pelaku pembunuhan Jatmiko (50) di Tebo, Jambi, Sabtu (22/5/2021). (Foto: iNews/Budi Utomo)

Melihat pelaku datang, korban berusaha menghindar. Namun pelaku segera mendekatinya dan menyabetkan parang ke tubuh korban berkali-kali. Sabetan pelaku mengenai kepala, leher, dan tangan hingga korban jatuh.

Istri korban berteriak histeris. Tetangga yang melihat peristiwa itu tak berani mendekat karena pelaku masih memegang parang.

Polsek Rimbo Bujang yang mendapat laporan warga bergerak ke lokasi dibantu Tim Satreskrim Polres Tebo. 

Pelaku berhasil ditangkap tanpa perlawanan. Parang yang dipakai untuk membunuh korban diamankan. 

Dari hasil interogasi awal, pelaku mengaku menyimpan dendam kepada korban. Menurut pelaku, korban telah mengubah syariat agama yakni menghilangkan doa sebelum khotbah saat salat idul Fitri.

"Motifnya kesal dan jengkel karena perbedaan persepsi soal ditiadakannya doa sebelum khotbah salat Idul Fitri," kata Kanit Reskrim Polres Tebo Ipda Maulana. 

Dia membenarkan pelaku dan korban masih ada hubungan keluarga. 

Jenazah korban telah divisum oleh Puskesmas Rimbo Ulu dan selanjutnya diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan.

Pelaku kini mendekam di Polres Tebo. Dia terancam Pasal 340 tentang pembunuhan dengan ancaman hukuman hingga seumur hidup atau mati.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT