Debat Publik Paslon Pilkada Balikpapan Tahun 2020 terpaksa ditunda karena Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. (Foto: iNews/Mukmin Azis)
Mukmin Azis

BALIKPAPAN, iNews.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Noor Thoha dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Akibatnya, debat publik pasangan calon (paslon) Pilkada Balikpapan Tahun 2020 yang seharusnya berlangsung hari ini, Sabtu (24/10/2020) di salah satu hotel di Balikpapan ditunda.

Sesuai jadwal, pelaksanaan debat yang hanya menghadirkan calon tunggal ini akan dimulai tepat pukul 20.00 Wita tadi. Dari pantauan, di lokasi debat publik terlihat beberapa tim sukses paslon Rahmad Masud-Thohari Azis yang sempat hadir. Namun karena Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha dinyatakan positif Covid-19, ruangan debat publik langsung disterilkan.

Komisioner KPU Kota Balikpapan, Syahrul Karim mengatakan, hasil tes swab keluar pada pukul 18.30 Wita tadi. Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha langsung dijemput Gugus Tugas Covid-19, sesuai dengan protokol kesehatan.

"Debat publik pertama hari ini ditunda karena adanya insiden di luar kuasa kami, ketua KPU Balikpapan positif Covid-19. Beliau sempat berada di sini dan kondisi tadi debat belum mulai," kata Syahrul Karim, Sabtu (24/10/2020) malam.

Syahrul menambahkan, setelah berkoordinasi dengan beberapa pihak termasuk Ketua Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan Rizal Effendi yang juga Wali Kota Balikpapan. Wali Kota sepakat debat publik tersebut terpaksa ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

"Wali Kota menyarankan untuk dilakukan penundaan. Kami wajib mengikuti protokol kesehatan. Karena itu, kami sepakati debat publik untuk saat ini ditunda. Koordinasi dengan paslon juga sepakat untuk ditunda hingga pada waktu yang tidak ditentukan. Kami akan rapat lebih lanjut," katanya.


Editor : Maria Christina

BERITA TERKAIT