JAKARTA, iNews.id – PT Angkasa Pura I telah melayani 1.590.139 penumpang pada H-7 hingga H+2 lebaran atau tepatnya pada 25 April sampai dengan 5 Mei 2022. Angka ini mengalami pertumbuhan sebesar 1.955 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu 66.042 penumpang di 15 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I.
Pada trafik penerbangan, Angkasa Pura I telah melayani 14.351 pergerakan pesawat dan meningkat 650 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang melayani 2.331 pergerakan pesawat. Begitu pula dengan pergerakan kargo yang mengalami peningkatan sebesar 62 persen dengan melayani 11.023.034 kilogram kargo yang mana pada periode yang sama di tahun sebelumnya melayani 8.063.691 kilogram kargo.
“Secara rata-rata pergerakan penumpang pada periode H-7 hingga H+2 lebaran di 15 bandara yang kami kelola mencapai 145 ribu penumpang per hari atau baru mencapai 63 persen jika dibandingkan pada masa normal sebelum pandemi Covid-19 yang melayani rata-rata 229 ribu penumpang per hari dan mencapai 2.408 persen jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya yang melayani rata-rata 6 ribu penumpang per hari," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.
Sementara itu, rata-rata pergerakan pesawat mencapai 1.305 pergerakan per hari atau baru mencapai 67 persen jika dibandingkan pada masa normal sebelum pandemi Covid-19 yang melayani rata-rata 1.947 pergerakan pesawat per hari dan mencapai 616 persen jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya yang melayani rata-rata 212 pergerakan pesawat per hari.
Hal ini berbeda dengan rata-rata pergerakan kargo yang mencapai 1 juta kilogram per hari sehingga pertumbuhannya mencapai 133 persen jika dibandingkan pada masa normal sebelum pandemi Covid-19 yang melayani rata-rata 755 ribu kg per hari dan mencapai 137 persen jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya yang melayani rata-rata 733 ribu kg per hari.
Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait