Aksi heroik Babinsa di Kolaka Utara saat menyelamatkan 2 penyu besar dalam kondisi sekarat yang terdampar di pantai. (Foto : Ist)
Muh Rusli

KOLAKA UTARA, iNews.id - Aksi heroik dilakukan anggota Babinsa Koramil 1412/03 Lasusua Serka Amrun. Dia bersama dua masyarakat menyelamatkan 2 ekor penyu besar yang sekarat terdampar di pesisir Pantai By Pass, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (12/10/2022).

Serka Amrun mengatakan, awanya kedua penyu tidak sengaja dijumpainya saat berpatroli melintasi wilayah pesisir setempat. . Hewan dilindungi ini ditemukan dalam posisi telentang dan sekarat.

"Dua orang pemuda dari organisasi PMII Kolaka Utara langsung mencegat saya dan menyampaikan ada penyu. Saya lihat dan kami bertiga spontan mendekat agar lekas mengangkat untuk melepasnya ke laut," ujarnya, Rabu (12/10/2022).

Tindakan itu segera dilakukan lantaran mereka melihat penyu sudah dalam kondisi sekarat terjemur selama berjam-jam dengan posisi telentang. Karena cukup berat, penyu ini hanya bisa digeser ke laut dan diperkirakan masing-masing berbobot mencapai 35 kg. 

"Beruntung tidak ditemukan orang yang suka makan penyu. Saya bahagia dan berterimah kasih kepada para pemuda itu atas kepeduliannya," katanya.

Sebagaimana instruksi pimpinan di kesatuan, dia menyampaikan imbauan kepada masyarakat maupun nelayan agar tidak menangkap kura-kura laut. Sebab hewan tersebut keberadaannya kian langka lantaran terus menjadi objek buruan dan santapan manusia.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT