Sekolah Hancur, Siswa SD di Lombok Barat Belajar di Halaman

iNews ยท Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

LOMBOK BARAT, iNews.id - Gempa berkekuatan 7 skala ricther (SR) yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah membuat ratusan sekolah rusak. Salah satu sekolah yang mengalami kerusakan cukup parah, yakni Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat.

Hampir seluruh ruangan rusak karena tertimpa bangunan sekolah. Praktis sekolah tak lagi bisa digunakan. Agar proses belajar mengajar tetap berjalan, untuk sementara para guru memanfaatkan halaman sekolah sebagai tempat belajar.

Data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, gempa di Lombok telah mengakibatkan sekitar 600 sekolah yang terdiri atas 3.051 ruang kelas rusak parah. Kondisi tersebut membuat ribuan siswa terpaksa melakukan kegiatan belajar di tempat-tempat darurat. Sementara itu, jumlah korban tewas terus bertambah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan jumlah korban meninggal akibat gempa mencapai 436 jiwa. Sementara jumlah warga yang mengungsi mencapai 300 ribu lebih yang tersebar di wilayah NTB.

BNPB juga mencatat semenjak gempa melanda hingga kini telah terjadi gempa susulan sebanyak 576 kali. Penanganan dan pemulihan pascagempa secara menyeluruh sangat ditunggu warga. Pemerintah pusat dan daerah diminta lebih responsif agar pemulihan pascagempa berlangsung cepat.

Video Editor: Mu'arif Ramadhan

Editor : Dani Dahwilani

Bagikan Artikel: