Waspada Potensi Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Sangihe dan Talaud

Sindonews, Cahya Sumirat ยท Minggu, 15 Desember 2019 - 15:15 WIB
Waspada Potensi Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Sangihe dan Talaud
Ilustrasi Gelombang Tinggi (Foto: iNews)

MANADO, iNews.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut ada potensi gelombang tinggi di perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud, Sulawesi Utara akibat cuaca buruk. Masyarakat yang akan mudik menggunakan jalur laut ke kawasan tersebut diharap waspada.

Kepala Seksi Obersevasi dan Informasi Stasiun Meterologi Kelas II Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror megatakan cuaca buruk akan melanda perairan kawasan itu selama dua hari ke depan. Dia mengatakan selama waktu itu tinggi gelombang bisa mencapai 2,5 meter sampai 4 meter.

“Masyarakat dan kapal-kapal yang beraktivitas di kawasan tersebut diharap berhati-hati dan mempertimbangkan imbauan,” ujarnya Minggu (15/12/2019).

Ricky mengatakan gelombang tinggi di kawasan itu bisa terjadi di antara 16 Desember 2019 pukul 08.00 WITA sampai 17 Desember 08.00 WITA. Dia mengingatkan agar perahu nelayan berhati-hati jika kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kemudian kapal tongkang diharapkan waspada jika kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Lalu kapal ferry diminta hati-hati saatkecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sementara untuk kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar diharapkan wapada jika kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

Gelombang di perairan Pulau Sulawesi bagian utara diperkirakan mencapai 1,25 meter sampai 2,5 meter pada periode yang sama. Prediksi itu diperkirakan meliputi wilayah utara Sulawesi, perairan Bitung – Likupang, perairan Selatan Sulawesi Utara, perairan Kepulauan Sitaro, dan laut Maluku Bagian Utara.


Editor : Rizal Bomantama