Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah NTT

Antara ยท Sabtu, 19 Februari 2022 - 14:03:00 WIB
Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah NTT
BMKG memperingatkan adanya potensi hujan deras dan angin kencang di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) dari tanggal 19 sampai 21 Februari 2022. (Foto: Ilustrasi/Ist))

KUPANG, iNews.id - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di Nusa Tenggara Timur (NTT) agar waspada pada potensi hujan deras dan angin kencang. Diperingatkan bahwa hujan dan angin kencang berpotensi terjadi pada tanggal 19 sampai 21 Februari 2022.

"Sirkulasi siklonik di Laut Banda menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan dan belokan angin di wilayah NTT," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi di Kupang, Sabtu (19/2/2022). 

Agung menjelaskan kondisi sirkulasi siklonik di Laut Banda mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan (konvektif) yang menyebabkan hujan ringan hingga lebat serta dapat disertai petir dan angin kencang.

Kondisi cuaca tersebut, berpotensi melanda Pulau Timor, Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Lembata, Pulau Alor, Pulau Sabu Raijua, dan Pulau Rote.

Dia meminta masyarakat mewaspadai potensi ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun pohon tumbang serta sambaran petir.

Khusus bagi masyarakat yang tinggal di wilayah topografi curam, bergunung dan bertebing,agar lebih waspada terhadap potensi bencana tanah longsor dan banjir bandang.

"Ketika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama beberapa hari berturut-turut maka perlu segera mengamankan diri serta barang atau dokumen penting," katanya.

Agung menyarankan agar masyarakat terus memantau perkembangan informasi cuaca dengan mengakses layanan informasi selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380)881613 atau whatsapp 081139404264.

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: