Warga Ketapang Tewas Dibunuh dengan Leher Hampir Putus, Polisi Tangkap Pelaku

Gusty Eddy ยท Kamis, 31 Oktober 2019 - 20:06 WIB
Warga Ketapang Tewas Dibunuh dengan Leher Hampir Putus, Polisi Tangkap Pelaku
Proses identifikasi korban pembunuhan di Ketapang, Kalimantan Barat, Rabu, (30/10/2019). (Foto: iNews.id/ Gusty Eddy)

KETAPANG, iNews.id – Personil Polsek Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat berhasil mengungkap kasus pembunuhan Herkulanus Deo (44), warga Desa Batu Beransah, Kecamatan Tumbang Titi. Pelaku ditangkap di rumahnya beberapa jam usai melakukan aksinya.

Bernadinus Bonos alias Bonos (63), warga desa yang sama dengan korban ditangkap polisi, Kamis, (31/10/2019) dini hari sekitar pukul 01.30 WITA. Polisi juga mengamankan parang sepanjang 60 centimeter yang dipakai pelaku menebas leher korban.

Kapolsek Tumbang Titi, IPTU Morah Ate Sembiring melalui Kanit Reskrim Aipda Bibit Wahyudi membenarkan penangkapan pelaku pembunuhan. “Kapolsek Tumbang Titi, IPTU Morah Ate Sembiring memimpin penangkapan pelaku di rumahnya. Parang yang digunakan pelaku juga diamankan,” katanya.

Sebelumnya, warga Dusun Kaliampu, Desa Batu Beransah, digegerkan dengan peristiwa pembunuhan yang terjadi Rabu (31/10/2019) malam pukul 19.30 WITA. Saat itu, mereka sedang menyelenggarakan acara adat Begendang di rumah salah satu warga.

BACA JUGA: Memilukan, Pemuda di Bandung Tikam Saudara Sepupu Gara-Gara Cinta Segitiga

Menurut saksi mata, pelaku dan korban yang menghadiri acara tersebut terlihat saling bertengkar. Dengan kondisi di bawah pengaruh minuman keras, keduanya terus beradu mulut.

Tidak puas bertengkar, pelaku yang sudah emosi, pulang ke rumahnya untuk mengambil parang. Begitu tiba di lokasi, pelaku langsung menebaskannya ke arah leher korban.

Pelaku yang melihat korban tersungkur, kembali mengayunkan parangnya ke leher korban hingga tewas ditempat dengan leher yang nyaris putus.

Melihat korban tidak bernyawa, pelaku langsung kabur. Istri korban, Buntung (30) yang mengetahui suaminya tewas, langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tumbang Titi.

BACA JUGA: Dendam Lama karena Istrinya Diselingkuhi, Mantan TKI Bunuh Tetangga di Probolinggo

Petugas yang dipimpin langsung Kapolsek Tumbang Titi IPTU Morah Ate Sembiring menangkap pelaku di rumahnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dibawa ke rutan Mapolres Ketapang. Dia dijerat pasal 338 yaitu pasal pembunuhan yang dilakukan dengan sengaja menghilangkan nyawa orang dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah