Warga Desa Oesena Kefamenanu di NTT Jadikan Mortir sebagai Pajangan Dalam Rumah

Sefnat Besie ยท Jumat, 19 Juli 2019 - 10:17 WIB
Warga Desa Oesena Kefamenanu di NTT Jadikan Mortir sebagai Pajangan Dalam Rumah
Tim Gegana Brimob Polda NTT saat menyisir lokasi tempat dikuburnya mortir yang ditemukan warga di Desa Oesena, NTT. (Foto: iNews/Sefnat Bessie)

KEFAMENANU, iNews.id – Dolfianus Uskono, seorang warga Desa Oesena, Kecamatan Miomafo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadikan bom mortir aktif sebagai pajangan dalam rumahnya. Namun setelah dua tahun, timbul rasa takut hingga akhirnya menimbun peledak tersebut di pekarangan rumah dan melaporkannya ke polisi.

Mendapat laporan adanya temuan bahan peledak, Tim Gegana Brimob Polda NTT langsung mendatangi rumah Dolfianus Uskono. Petugas selanjutnya melakukan pencarian dengan menggunakan alat pendeteksi logam di sekitar lokasi yang ditunjukan warga tersebut.

Setelah proses pencarian, akhirnya ditemukan mortir berukuran sedang sepanjang lengan orang dewasa. Peledak yang kondisinya telah berkarat itu kemudian diamankan dan dibawa petugas.


Dolfianus mengatakan, dia tak sengaja menemukan mortir tersebut saat menggali di halaman rumahnya. Setelah dibersihkam benda itu disimpannya di dalam rumah.

“Waktu menemukannya saya rahasiakan dan takut melapor. Jangan-jangan saya dikiranya apa sama aparat. Makanya saya simpan dalam rumah. Namun saya merasa tak tenang lalu saya kubur ulang dan putuskan melapor ke polisi,” ujarnya, Kamis (18/7/2019).

Kapolres Timor Tengah Utara AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto membenarkan adanya laporan temuan mortir di pekarangan rumah warga. Menurutnya benda itu ditemukan warga, lalu disimpan, ditanam ulang dan dilaporkan.

“Secara fisik laporan tim di lapangan kondisinya sudah berkarat. Mortir ini sempat disimpan dalam rumah untuk dijadikan hiasan. Namun setelah dua tahun lebih dia merasa ketakutan dan dia tanam kembali,” kata Kapolres, Kamis (18/7/2019).

Selanjutnya mortir berukuran 25 centimeter dibawa ke Mako Brimob Polda NTT di Kupang. Benda ini masih akan diidentifikasi untuk mengetahui jenis serta dan kondisinya aktif atau sudah tidak. Polisi juga meyarankan warga jika masih menemukan benda mirip bom agar segera melapor sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.


Editor : Donald Karouw