Wagub Sulteng: Progam Pencegahan Terorisme Harus Cepat dan Tepat Sasaran

Antara ยท Sabtu, 10 Oktober 2020 - 11:50:00 WIB
Wagub Sulteng: Progam Pencegahan Terorisme Harus Cepat dan Tepat Sasaran
Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusli Palabbi (Antara)

PALU, iNews.id - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusli Palabbi meminta semua pihak bersineri untuk mencegah terorisme dan gerakan radikalisme. Hal dikatakan Rusli Palabbi usai rapat evaluasi satgas sinergitas antar kementerian/lembaga program penanggulangan terorisme di Sulteng Tahun 2020.

"Harapan saya program akan lebih efektif, dalam rangka menyelamatkan generasi bangsa melalui upaya internalisasi, memberdayakan dan merangkul mereka supaya kembali ke jalan yang benar," kata Wagub Rusli Palabbi, Sabtu (10/10/2020).

Rusli menambahkan, program penanggulangan berbasis pendekatan lunak dalam mitigasi terorisme. Menurut dia, program-program pencegahan dan penanggulangan harus lebih tepat sasaran, guna menyelamatkan generasi bangsa.

"Karena pola-pola yang dilakukan pelaku teror untuk meregenerasi jaringannya telah semakin pesat," kata dia.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulteng Fachrudin Yambas mengatakan, keterlibatan kementerian/lembaga negara terus meningkat belakangan ini dalam penanggulangan dan pencegahan terorisme.

"Dari awalnya hanya 18 kementerian/lembaga pada 2018 atau tahun pertama program, lalu bertambah jadi 36 kementerian/lembaga pada 2019 dan tahun ini 38 kementerian/lembaga yang ikut serta menanggulangi terorisme," kata Fachrudin.

Fachrudin menambahkan, satgas menyasar lima wilayah kabupaten/kota di Sulteng sebagai fokus program yaitu Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Poso, Tojo Unauna dan Morowali Utara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto