Waduh, 8 Perusahaan Sawit di Mukomuko Diduga Langgar Aturan

Antara ยท Kamis, 28 Juli 2022 - 00:19:00 WIB
 Waduh, 8 Perusahaan Sawit di Mukomuko Diduga Langgar Aturan
Sejumlah kendaraan antre menjual tandan buah segar kelapa sawit ke salah satu pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Jumat (27/5/2022). (Foto: Antara)

MUKOMUKO, iNews.id- Sebanyak delapan dari sembilan perusahaan pengolahan minyak mentah kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu diduga melanggar aturan. Perusahan-persauahan tersebut tidak melaporkan invoice atau data dokumen transaksi penjualan minyak mentah kelapa sawit atau CPO.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Apriansyah mengatakan dari sebanyak sembilan pabrik hanya PT DDP yang melaporkan invoice. 

"Selebihnya belum melaporkan data tersebut," kata Apriansyah di Mukomuko, Rabu (27/7/2022).
 
Apriansyah mengatakan hal itu menindaklanjuti surat gubernur kepada bupati agar memberikan sanksi terhadap delapan perusahaan kelapa sawit yang tidak melaporkan invoice atau data dokumen transaksi penjualan minyak mentah kelapa sawit atau CPO.
 
Selain itu, katanya, menindaklanjuti surat Menteri Pertanian tanggal 30 Juni 2022 yang meminta bupati untuk menyurati perusahaan sawit agar melaporkan invoice.
 
Dalam surat menteri tersebut perusahaan sawit selain melaporkan data dokumen transaksi penjualan minyak mentah kelapa sawit atau CPO, serta membeli buah sawit sesuai dengan harga yang diputuskan oleh tim penetapan harga sawit.
 
Kemudian mendorong pembentukan dan penguatan kelembagaan pekebun antara pekebun dan perusahaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Bupati telah menyurati perusahaan selain agar perusahaan mengikuti harga sesuai ketetapan tim yang kedua mengupayakan pola kemitraan antara pekebun dan perusahaan," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: