Wabup Nduga Mundur karena Penembakan Warga Sipil, Danrem 172 PWY: Masih Diselidiki

Antara, Donald Karouw ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 19:56 WIB
Wabup Nduga Mundur karena Penembakan Warga Sipil, Danrem 172 PWY: Masih Diselidiki
Wakil Bupati (Wabup) Nduga Wentius Nimiangge menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya di hadapan masyarakat. (Foto: Istimewa/Twitter)

JAYAPURA, iNews.id – Pengunduran diri Wakil Bupati (Wabup) Nduga Wentius Nimiangge merupakan buntut dari kekecewaannya terkait penembakan salah satu warganya Hendrik Lokbere. Korban yang bekerja sebagai sopir itu ditembak saat dalam perjalanan dari Batas batu ke Kenyam, Jumat (20/12/2019) malam.

Danrem 172/PWY Kol Inf Binsar Sianipar mengatakan, kasus penembakan itu masih dalam penyelidikan polisi. Hingga kini, belum diketahui siapa pelaku penembakan yang menewaskan Hendrik Lokbere.

“Siapa pelaku penembakan yang menewaskan warga sipil belum bisa dipastikan. Tim bekerja sama dengan Polri masih melakukan penyelidikan,” kata Kol Inf Binsar Sianipar, Kamis (26/1/12/2019).

Binsar mengatakan, sebelum ada laporan tentang warga sipil yang meninggal akibat tertembak, telah terjadi dua kali kontak tembak antara TNI-KKB, Jumat (20/12/2019) di sekitar Kenyam, yakni di kawasan yang dikenal Kali Lama dan tanjakan. Kontak tembak itu terjadi cukup lama. Bahkan, ada anggota TNI terluka.

“Belum dipastikan apakah korban melintas saat kontak tembak berlangsung atau tidak karena masih didalami oleh tim,” kata Binsar.

Pascapenembakan itu, jenazah Hendrik Lokbere sudah dimakamkan Rabu (25/12/2019).

Ketika ditanya tentang hasil sementara tim dari Kodam XVII/Cenderawasih yang diturunkan ke Kenyam, Danrem/172 mengaku belum bisa memberikan keterangan rinci karena masih dalam tahap penyidikan.

Dia mengakui sudah ada beberapa saksi yang dimintai keterangan, baik dari anggota TNI maupun rekan perjalanan korban. Sebab, saat penembakan, korban yang mengemudikan kendaraan didampingi seorang rekannya.

“Sudah ada beberapa saksi yang dimintai keterangan baik anggota TNI maupun warga sipil. Sudah dilakukan olah TKP,” kata Binsar.

Diketahui, Wabup Nduga mengundurkan diri di tengah aksi demo di Kenyam, Senin (23/12/2019). Foto-foto saat Wentius Nimiangge hadir di tengah-tengah warganya yang demo beredar luas di media sosial. Wentius tampak mengenakan pakaian batik dan celana pendek dan mengenakan toa.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan kekecewaan dan keprihatinan terhadap penembakan yang menewaskan warganya. Begitu juga dengan konflik di Nduga yang masih berdampak pada warga. Kondisi itu membuat dia memutuskan untuk mengundurkan diri.


Editor : Maria Christina