Viral Perempuan di Lampung Utara Bakar Bendera Merah Putih, Polisi Duga Pelaku Gangguan Jiwa

Jimi Irawan ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 14:21 WIB
Viral Perempuan di Lampung Utara Bakar Bendera Merah Putih, Polisi Duga Pelaku Gangguan Jiwa
Tangkapan layar video bendera merah putih dibakar yang viral di media sosial. (iNews.id/Jimi Irawan)

LAMPUNG UTARA, iNews.id - Seorang perempuan di Lampung Utara diamankan polisi karena membakar bendera merah putih dan mengunggah aksinya itu ke media sosial hingga viral. Pelaku berinisial MA (30) itu ditengarai mengalami gangguan jiwa.

Petugas Polres Lampung Utara mengamankan MA yang merupakan warga Kelurahan Sribasuki, Kotabumi, Lampung Utara. Orang tua pelaku turut diamankan ke Mapolres untuk dijadikan saksi.

Aksi pembakaran bendera merah putih yang dilakukan pelaku ini viral setelah pelaku mengunggah aksinya itu ke akun media sosial miliknya, namun dengan menggunakan nama samaran.

Kapolres Lampung Utara, AKBP Bambang Yudo Martono mengatakan, pelaku telah mengakui perbuatannya. Namun hal itu diutarakan pelaku dengan cara bicara yang melantur. Pelaku beralasan membakar bendera merah putih bentuk pelampiasan kekesalannya terhadap negara Indonesia.

"Polisi masih melakukan pendalaman untuk memastikan apakah MA ini mengalami gangguan kejiwaan atau tidak," tuturnya di Mapolres Lampung Utara, Senin (3/8/2020).

Dia mengatakan, pelaku MA saat ini telah dibawa ke rumah sakit jiwa untuk diperiksa oleh dokter kejiwaan.

Aksi pembakaran video merah putih yang dilakukan pelaku viral di media sosial. Dalam video berdurasi sekitar 30 detik itu, terlihat bendera merah putih berukuran kecil dibakar menggunakan api dari lampu sentir.

Pelaku memberikan keterangan dalam video kalau pembakaran itu dilakukan karena bendera merah putih dianggap telah menjatuhkan wibawa pemerintah.

Video tersebut kini telah dihapus dan tidak bisa disaksikan lagi di akun media sosial pelaku.


Editor : Reza Yunanto