Viral Ibu Muda Melahirkan dalam Mobil usai Disuruh Pulang Pihak Rumah Sakit

Febriyono Tamenk ยท Rabu, 24 November 2021 - 16:05:00 WIB
Viral Ibu Muda Melahirkan dalam Mobil usai Disuruh Pulang Pihak Rumah Sakit
Ibu muda melahirkan dalam mobil di Kendari kini dirawat di rumah sakit. (Foto: iNews TV/Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNews.idBeredar video seorang ibu muda melahirkan dalam mobil taksi online di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (24/11/2021). Proses ibu hamil melahirkan dalam mobil itu pun viral di media sosial

Diperoleh informasi, ibu muda bernama Siti Mutmainah itu awalnya datang ke rumah sakit untuk menjalani proses persalinan.

Namun, pihak rumah sakit menyarankan agar ibu hamil itu tidak perlu rawat inap dan memintanya pulang ke rumah karena masih dalam tahap pembukaan dua.

Saat dalam perjalanan pulang, Mutmainah tiba-tiba merasakan perutnya mulas hingga akhirnya melahirkan bayi yang merupakan anak ketiganya di dalam mobil. Setelah itu, Mutmainah kembali diantarkan ke rumah sakit.

“Ya, awalnya, saya dan istri pergi ke rumah sakit untuk rawat inap karena mau melahirkan. Sebab, istri saya ini sudah merasakan sakit perut,” kata suami Mutmainah, Sujatman, Rabu (24/11/2021).

Setelah tiba di rumah sakit dan dilakukan observasi oleh bidan, kata dia, kondisi kandungan istrinya dinyakatan masih pembukaan dua. “Pihak rumah sakit kemudian menyuruh istri saya pulang sambil menunggu hingga pembukaan empat,” ucapnya.

Terkait kejadian itu, pihak rumah sakit membantah salah prosedur dalam menangani pasien. Sebab, pasien itu sudah ditangani bida.

“Namun karena aturan BPJS bagi ibu hamil yang masih dalam tahap pembukaan kedua dengan kondisi kehamilan baik atau tidak ditemukan kondisi membahayakan pada ibu yang akan melahirkan, harus lebih dulu di rujuk ke pusukesmas terdekat,” kata bidan Rumah Sakit Aliyah 2, Adembasarina.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: