Viral Gadis Cilik Dites Ceramah Kapolres Bungo lalu Diminta Tak Melanjutkan 

Azhari Sultan · Sabtu, 20 November 2021 - 10:40:00 WIB
Viral Gadis Cilik Dites Ceramah Kapolres Bungo lalu Diminta Tak Melanjutkan 
Tangkapan layar Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputra dengan Shidqia Zhafirah Azzahra.

JAMBI, iNews.id - Video yang menampilkan seorang gadis cilik ditanya oleh Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputra viral di media sosial. Sang gadis yang bernama Shidqia Zhafirah Azzahra itu dites kapolres membawakan ceramah agama.  

Video berdurasi dua menit itu diunggah Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputra melalui akun Instagram @akbp_guntur_ Saputro.

Dalam video tersebut tampak gadis cilik yang biasa disapa Qia itu hendak mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Provinsi Jambi tahun 2021. 

Dia yang merupakan perwakilan Kabupaten Bungo mengikuti upacara pelepasan peserta di rumah dinas Bupati Bungo, Jumat (19/11/2021). 

Qia kemudian dihampiri Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputra yang kemudian bertanya hendak mengikuti lomba apa. "Mau ikut lomba ceramah agama di Jambi ya? Ceramah soal apa?" tanya Guntur.

Qia yang semula pendiam langsung menjawab, "Ya, mau ceramah agama tentang keutamaan ilmu," katanya.

Kemudian tanpa malu-malu pelajar Madarasah Ibtidaiyah Bautul Hasanah di Kelurahan Sungai Pinang, Bungo, Jambi itu memulainya dengan sebuah pantun ceria.

"Pak Camat jualan tomat, yang beli harus hormat. Apabila kita umat Nabi Muhammad, jawablah salam dengan semangat!" ujarnya Qia selayaknya sedang berlaga di panggung lomba. 

Kapolres yang melihatnya dengan sigap menyahut, "mantap, mantap, mantap!"

Tidak hanya kapolres saja, peserta dan pembimbing yang melihat adegan itu ikut merapat dan berdiri di belakang Qia termasuk Bupati Bungo H Mashuri.

Namun saat anak pasangan pasangan Jupendi dan Yenni dan adik dari Yendi Ariefa Nover ini akan melanjutkan isi ceramahnya, buru-buru dihentikan kapolres.

Ternyata, kapolres tak ingin Qia menyelesaikan ceramahnya sebelum lomba dimulai. "Sudah, ya, cukup cukup. Nanti ketahuan dengan musuhnya," ujar Guntur. 

Spontan warga Kampung Punti Luhur, Desa Talang Pantai, Kecamatan Bungo Dani itu langsung menghentikan ceramahnya.

Video yang diunggah Kapolres Bungo itu ternyata viral. Dia mengaku tak menyangka video yang diunggah secara iseng itu mendadak viral.

"Waduh, iya mas tidak menyangka. Tadinya saya hanya iseng saja memberikan motivasi. Emang saya buat siaran langsung di IG. Banyak telepon saya, tanya itu anak siapa dan lainnya," ujar Guntur dihubungi, Sabtu (20/11/2021).

Tak hanya itu, dia juga bangga dengan kemampuan Qia yang tanpa malu menunjukkan kebolehannya dalam ceramah agama.

“Kita berharap anak kita Qia ini menjadi contoh bagi anak–anak seusianya. Sebab di usianya saat ini mampu berbagi kebaikan dengan umat muslim. Semoga menang ya,” katanya berharap.

Terpisah, salah satu pembimbing peserta FASI yakni Ustaz Andri mengakui potensi Qia. Dia melihat potensi Qia dalam berceramah agama cukup besar.

"Kita berharap Qia bisa meraih yang terbaik dan mengharumkan nama Kabupaten Bungo. Kami mengharapkan doa restu dari masyarakat Kabupaten Bungo," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: