Viral, 4 Motor Milik Warga Baduy Dibakar karena Langgar Adat

Iskandar Nasution ยท Minggu, 04 Juli 2021 - 09:53:00 WIB
Viral, 4 Motor Milik Warga Baduy Dibakar karena Langgar Adat
Tangkapan layar rekaman video pembakaran motor warga Baduy yang dilakukan pada Jumat (2/7/2021). Foto: Istimewa

LEBAK, iNews.id - Empat dari enam unit sepeda motor milik warga suku adat Baduy dibakar. Sebab kepemilikan sepeda motor telah melanggar budaya masyarakat Baduy yang dilarang memiliki alat transportasi.

Pembakaran empat dari enam unit sepeda motor direkam oleh warga di Desa Ciboleger, Lebak, Banten, menjadi viral di media sosial. Dalam rekaman video terlihat beberapa warga Baduy mengumpulkan sepeda motor di tepi sungai kemudian membakarnya.

"Pembakaran empat unit roda dua yang dilakukan oleh aparat adat masyarakat Baduy, Jumat (2/7/2021), merupakan peristiwa yang pertama kali terjadi," kata pemerhati adat Suku Baduy, Uday Suhada, Minggu (4/7/2021).

Menurutnya, seluruh warga Baduy memang tidak boleh memiliki segala jenis alat transportasi. Seluruh motor yang dimusnahkan merupakan hasil razia dari aparat suku Baduy.

Uday meyakini, kasus ini menandakan sebagian masyarakat Baduy sudah terpengaruh pada arus modernisasi akibat berinteraksi dengan masyarakat luar. Sementara mayoritas masyarakat Baduy masih memegang teguh prinsip adat dan istiadat.

"Orang Baduy tugas hidupnya menjaga alam, boleh mereka menggunakan transportasi tetapi tidak boleh memilikinya," kata Uday.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: