Usai Maling Kotak Amal, Pria Ini Berteduh di Pos Ronda Bersama Warga

Antara ยท Senin, 01 April 2019 - 14:23 WIB
Usai Maling Kotak Amal, Pria Ini Berteduh di Pos Ronda Bersama Warga
Ilustrasi rekaman CCTV aksi kriminal. (Foto: Dok iNews).

JAMBI, iNews.id - Aksi pencurian kotak amal di Kota Jambi, Provinsi Jambi, diketahui warga dari rekaman CCTV di sekitar masjid. Pelaku yang beraksi saat hujan itu ternyata sempat berteduh di pos ronda bersama dengan warga yang jaga malam.

Petugas keamanan Perumnas Kota Baru, Jambi, Ibrahim (25), pelaku beraksi pada Sabtu (30/3/2019) dini hari. Dia mengambil uang kotak amal di dua tempat berbeda, yakni Masjid Darussalam RT 13 dan Mushola RT 16.

"Dalam rekaman, setelah mebobol kotak amal, pelaku mondar mandir kebingungan," ujar dia kepada wartawan, Senin (1/4/2019).

BACA JUGA: Warga Bikin Jebakan, Pencuri Kotak Amal di Musala Tertangkap

Ibrahim yang melihat rekaman CCTV itu mengatakan, pelaku beraksi sendirian pada saat hujan, sehingga dia dan warga lain yang berjaga malam tidak mengetahui aksinya.

Namun yang anehnya, kata dia, setelah membobol kotak amal masjid dan mushala, pelaku mendatangi pos ronda dan menumpang berteduh. Dia bahkan meminta warga mengantarnya ke suatu tempat.

"Kami di pos ronda diberikan uang sebesar Rp50.000 oleh pelaku untuk mengantarkannya," ujar dia.

BACA JUGA: Maling Kotak Amal Masjid, Pemuda di Palembang Bonyok Dihajar Massa

Ibrahim mengatakan, mereka baru sadar bahwa kotak amal hilang pada siang hari (Sabtu). Ketika melihat rekaman CCTV, mereka baru sadar, orang yang ditemui semalam merupakan pelakunya.

"Kami baru mengetahui kalau cowok dengan ada tato di tanggan sebelah kanan yang di antar ke warnet tersebut merupakan pencuri," ujar Ibrahim.

Atas kejadian pencurian kotak wakaf masjid dan mushala tersebut warga Perumnas Kota Baru Jambi melaporkannya ke Polsek Jelutung.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal