Tower Telkomsel di Siantan Utara Segera Terwujud, Diskominfotik: Titik Koordinat Pembangunan Telah Ditemukan

Rizqa Leony Putri ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 12:32:00 WIB
Tower Telkomsel di Siantan Utara Segera Terwujud, Diskominfotik: Titik Koordinat Pembangunan Telah Ditemukan
Diskominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas, Telkomsel, bersama Kepala Desa Mubur Aryadi saat menyurvei titik koordinat untuk pembangunan tower Telkomsel. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Rencana pembangunan tower Telkomsel di Kecamatan Siantan Utara, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), segera terealisasi dalam waktu dekat. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Kepulauan Anambas Japrizal telah mengadakan rapat dengan kepala Desa Mubur Aryadi terkait rencana pembangunan tower, Rabu (30/9/2020) lalu.

Dalam rapat tersebut, Japrizal menyampaikan usulan pemerintah daerah (pemda) kepada beberapa operator telekomunikasi, di antaranya PT Telekomunikasi Selular Tbk (Telkomsel), PT XL Axiata Tbk, dan Smartfren Telecom Tbk. Upaya tersebut membuahkan hasil karena Telkomsel menyatakan akan melakukan survei di beberapa usulan koordinat yang telah disampaikan.

Tak hanya itu, pertemuan tersebut turut membahas hal-hal teknis dan kesiapan Diskominfotik dan desa untuk turun ke lapangan. Seluruh pihak terkait melihat secara langsung seperti apa kondisi lahan di lokasi. Hasil survei tersebut akan dilaporkan secara teknis oleh tim survei dan segera diserahkan kepada regional Sumatera Bagian Tengah di Pekanbaru dan Batam Kepri.

"Terkait lokasi pembangunan tower tersebut, sebelumnya juga sudah pernah dilakukan survei oleh pihak Telkomsel," ujar Japrizal dalam siaran pers, Rabu (14/10/2020).

Menurut Japrizal, dari hasil survei, Telkomsel dan Diskominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas telah mendapatkan titik koordinat yang berada tepat di atas tanah wakaf. Pihak desa akhirnya mengusulkan dua titik koordinat, yaitu di lokasi tanah wakaf dan di sekitar area kantor desa.

Setelah didapatkan titik koordinat usulan dari pihak desa, Diskominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas, Telkomsel, bersama kepala Desa Mubur Aryadi akan melakukan konferensi video untuk kepastian lokasi yang diusulkan.

Usulan ini pun turut disampaikan oleh Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris pada Agustus 2020 melalui konferensi video bersama Deputi Kemenkopolhukam, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan Telkomsel. Selain itu juga melalui konferensi video bersama Kemenkomaritim.

Japrizal mengatakan, hal itu sebagai upaya pemda untuk terus memperluas peningkatan akses telekomunikasi seperti akses sinyal wifi bantuan BAKTI Kemenkominfo. Ini khususnya terhadap kebutuhan sinyal 4G LTE operator untuk melayani masyarakat perbatasan di beberapa kecamatan dan desa saat ini.

Sementara itu, Kepala Desa Mubur, Aryadi menyebutkan, segera melakukan pendataan titik koordinat di Desa Mubur yang akan diusulkan kepada pihak Telkomsel nantinya. Dirinya juga berharap agar pembangunan tower tersebut bisa segera terealisasi sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam berkomunikasi.

"Mudah-mudahan hal ini bisa terwujud dengan segera dan dapat mempermudah bagi masyarakat Desa Mubur umumnya," ujar Aryadi.

Editor : Maria Christina