TKA China Nyaris Disandera Mahasiswa di Bandara Haluoleo Konawe Selatan

Febriyono Tamenk ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 16:10 WIB
TKA China Nyaris Disandera Mahasiswa di Bandara Haluoleo Konawe Selatan
TKA China nyaris disandera para pengunjuk rasa yang menolak kedatangan ratusan TKA China di depan Bandara Haluoleo, Konawe Selatan. (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

KONAWE SELATAN, iNews.id – Tenaga kerja asing (TKA) asal China nyaris disandera ratusan mahasiswa yang berunjuk rasa menolak kedatangan 500 TKA China di Simpang Tiga Bandara Haluoleo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Selasa (23/6/2020).

TKA yang akan masuk ke Bandara Haluoleo itu menjadi sasaran para pendemo. Padahal TKA China tersebut hendak kembali ke negara asalnya. Beruntung petugas keamanan berpakaian sipil cepat mengamankan TKA tersebut ke lokasi aman.

Dalam demonstrasi yang dipimpin oleh anggota komisi III DPRD Sultra Sudirman itu juga berlangsung ricuh. Mahasiswa terlibat saling dorong dengan petugas Kepolisian yang mengamankan aksi demonstrasi. Saling dorong terjadi saat aparat mengadang massa yang akan masuk ke Bandara Haluoleo.

Seluruh BEM se-Sultra turun ke jalan menolak kedatangan ratusan TKA China. (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)
Seluruh BEM se-Sultra turun ke jalan menolak kedatangan ratusan TKA China. (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

Anggota Komisi III DPRD Sultra Sudirman dalam orasinya kembali menegaskan penolakan terhadap kedatangan 500 orang TKA ke Sultra. Menurut dia, pemerintah tidak seharusnya mengizinkan para TKA itu masuk ke Indonesia.

“Mari kita bersatu, tolak Tenaga Kerja Asing yang datang ke Indonesia,” kata Sudirman.

Sebelumnya aksi serupa juga telah dilakukan oleh elemen mahasiswa dengan memblokade jalan ke arah Bandara Haluoleo, Senin (22/6/2020). Unjuk rasa serupa juga disuarakan mahasiswa di Kolaka. Mereka bahkan nyaris baku hantam dengan polisi saat berunjuk rasa di Kantor DPRD Kolaka.


Editor : Kastolani Marzuki