Tim SAR Kembali Temukan 3 ABK Kapal Pengangkut Semen, 1 Masih Hilang

Febriyono Tamenk · Jumat, 27 April 2018 - 16:09:00 WIB
Tim SAR Kembali Temukan 3 ABK Kapal Pengangkut Semen, 1 Masih Hilang
Tim SAR gabungan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara berhasil menemukan tiga dari empat anak buah kapal (ABK) yang menjadi korban kapal tenggelam di Perairan Morowali. (Foto: iNews.id/Febriono Tamenk)

KENDARI, iNews.id - Tim SAR gabungan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara berhasil menemukan tiga dari empat anak buah kapal (ABK) yang menjadi korban kapal tenggelam di Perairan Morowali, siang tadi. Diketahui, akibat cuaca buruk kapal tanker pengangkut semen tenggelam saat hendak memasuki Pelabujan Jeti PT IMIP Morowali.

Setelah melakukan pencarian selama satu hari, tiga dari empat ABK ditemukan dalam kondisi selamat. Menurut keterangan Kepala Basarnas Kota Kendari Djunaidi, ketiganya mampu bertahan di atas laut selama kurang lebih 27 jam usai tenggelamnya Kapal Motor Sarana Teknik Bahari 1500 di Perairan Morowali.

"Saat ini tiga ABK telah ditemukan oleh Tim SAR dalam kondisi selamat dan hanya mengalami luka memar di kaki. Saat ini dalam perawatan di atas kapal SAR Pacitan," ucap Djunaidi, di Kendari, Jumat (27/4/2018).

Ketiga ABK itu bernama Karibian, Hasan dan Vigo. Untuk penanganan medis para ABK itu dibawa ke ruang kapal KN SAR Pacitan. Humas Basarnas Kendari Wahyudi mengatakan, telah terjadi kecelakaan kapal bermuatan semen curah dengan rute Makassar-Morowali. Kapal yang hendak membawa semen tersebut tenggelam di Perairan Morowali atau sekitar empat kilometer dari Pelabuhan Jeti Morowali.

Usai menerima laporan tim rescue Basarnas Kendari diberangkatkan dengan menggunakan KN SAR Pacitan, Kamis (26 April 2018) pukul 21.00 Wita. Petugas langsung melakukan pencarian terhadap empat ABK yang awalnya belum ditemukan.

"ABK yang selamat yakni Capt John Heney, Albert Telaumbana, Nunang Kumar, Apud, Endang, Yusril, Andrean, Jualiang, Galan, Erik dan Wawan. Nama korban yang meninggal adalah Agung. Nama-nama korban yang masih dalam pencarian adalah Karibian, Hapita Monrova, Muh Hasan, dan Vigo," kata Wahyudi.

Maka, tersisa satu ABK yang hingga saat ini belum ditemukan. ABK tersebut bernama Hapita Monrova. Hingga saat ini pencarian masih berlangsung.

Editor : Achmad Syukron Fadillah