Tim Saber Pungli Konawe Tangkap Tangan Pungli di Dinas Pendidikan

Rahmat Buhari ยท Senin, 19 Maret 2018 - 21:28:00 WIB
Tim Saber Pungli Konawe Tangkap Tangan Pungli di Dinas Pendidikan
Tim Saber Pungli Polres Konawe memperlihatkan bukti uang tunai dalam amplop yang didapat di dalam dalam laci meja kantor milik staf Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Konawe, Senin (19/3/2018). (Foto: iNews/Rahmat Bahtiar)

KONAWE, iNews.id - Tim Saber Pungli Polres Konawe, mengamankan tiga orang pegawai Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Konawe. Ketiganya ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT), terkait dugaan pungli pengurusan berkas guru penerima tunjangan profesi. Selain mengamankan ketiganya, petugas juga menyita sejumlah barang bukti, seperti dokumen serta amplop berisi uang diduga hasil suap.

Satu orang kepala seksi dan dua orang pegawai harian lepas (PHL), Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Konawe tersebut kemudian menjalani pemeriksaan, setelah tertangkap tangan oleh Tim Saber Pungli Polres Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (19/3/2018). Penangkapan ketiganya, terkait dugaan pungli pengurusan berkas sekolah penerima tunjangan profesi guru.

Kasus ini terungkap setelah Tim Saber Pungli Polres Konawe, mendapat laporan terkait adanya pungutan liar, dalam pengurusan guru penerima tunjangan profesi pada bidang kompetensi dan pengembangan karir, Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Konawe.

Dalam operasi tangkap tangan tersebut, polisi menemukan sejumlah amplop berisi uang di dalam laci meja kantor milik staf, serta beberapa amplop yang masih di terselip dalam berkas dokumen milik beberapa sekolah.
Polisi saat ini, telah mengamankan sejumlah barang bukti, berupa tiga amplop berisi lembaran uang, sebesar Rp800.000 dan beberapa dokumen.

Kasat Reskim, Polres Konawe, Iptu Rachmat Zam Zam, membenarkan terkait operasi tangkap tangan, yang dilakukan oleh anggotanya. “Pungli ini terkait pembayaran sertifikasi guru untuk tunjangan tambahan penghasilan. Ada tiga tersangka yang sudah ditahan dalam kasus ini,” katanya.

Kepala Bidang Kompetensi Dan Pengembangan Karir, Diknas Konawe, Haldi Syukur membantah jika pihaknya dituding melakukan pungli terhadap guru-guru tersebut. Dia pun mengatakan, mekasnisme penyerahan berkas guru, dilakukan oleh masing-masing kepala sekolah.

“Berkenaan dengan amplop yang ditemukan Tim Saber Pungli itu saya tidak mengetahui apa maksud dan tujuannya. Apakah itu bentuk terima kasih dari guru atau seperti apa. Yang jelas kami bekerja tidak berdasarkan amplop yang diberikan,” ucap Haldi.

Usai dilakukan operasi tangkap tangan oleh Tim Saber Pungli Polres Konawe, kondisi ruang pelayanan di bidang kompetensi dan pengembangan karir diknas konawe, tampak sepi dari aktivitas dan tertutup.

Editor : Himas Puspito Putra

Bagikan Artikel: