Tiga Kecamatan di Kolaka Mati Listrik akibat Pohon Tumbang

Asdar Lanroro ยท Selasa, 28 November 2017 - 13:14:00 WIB
Tiga Kecamatan di Kolaka Mati Listrik akibat Pohon Tumbang
Pohon tumbang di Jalan Pendidikan, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. (Foto: iNews/Asdar lanroro)

KOLAKA, iNews.id - Pasokan listrik di tiga kecamatan di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, terputus lima jam akibat sebuah pohon di Jalan Pendidikan, tumbang dan menimpa kabel listrik Selasa (28/11/2017) pada pukul 09.00 Wita. Pohon raksasa itu diduga tumbang karena sudah lapuk termakan usia.

Warga sekitar, Wahyullah, mengaku kaget ketika mendengar suara pohon tumbang di depan rumah jabatan bupati itu. Beruntung saat kejadian pohon tidak mengenai sejumlah siswa dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melewati jalan. “Saya mau lewat jadi enggak bisa, pohonnya menghalangi jalan,” ujarnya.

Manajer PT PLN (Persero) Rayon Kolaka, Agus W mengatakan, kejadian itu membuat pasokan aliran listrik di Kecamatan Kolaka, Samaturu, dan Kecamatan Wolo terpaksa terputus. Perbaikan jaringan listrik di Jalan Pendidikan, Kolaka membutuhkan waktu lama karena di sana ada dua kabel penghubung, yakni untuk area pendidikan dan bisnis.

“Kami ganti memakai tiang emergency terlebih dahulu karena memakai tiang beton membutuhkan waktu lebih lama lagi,” kata Agus.

Hingga saat ini, petugas PLN Kolaka masih melakukan perbaikan agar aktivitas warga dapat berjalan normal. Pantauan iNews, Selasa pagi, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kolaka sedang membersihkan batang pohon yang melintang di Jalan Pendidikan.

Editor : Muhammad Saiful Hadi

Bagikan Artikel: