Terlilit Kasus Pemalsuan Dokumen, Mantan Kadiscapilduk Manado Ditahan

Jefry Langi ยท Rabu, 31 Januari 2018 - 11:58 WIB
Terlilit Kasus Pemalsuan Dokumen, Mantan Kadiscapilduk Manado Ditahan
HT yang akan dibawa petugas Kejari Manado menuju Rutan Malendeng. (Foto: iNews/Jefry Langi)

MANADO, iNews.id – Oknum pejabat teras di lingkungan pemerintah Kota Manado yang saat ini menjabat sebagai Kepala Inspektorat, HT resmi masuk Rumah Tahanan Negara (Rutan) Malendeng. Kepastian itu setelah penyelidikan seharian penuh dan penandatanganan berita acara penahanan kepada tersangka di Kejaksaan Tinggi (Kejari) Manado, Selasa, 30 Januari 2018 malam.

“Tersangka kami tahan selama 20 hari ke depan di Rutan Malendeng,” kata Kasi Intel Kejari Manado, Theodorus Rumampuk.

Tersangka terlilit kasus pemalsuan dokumen administrasi kependudukan yang dilaporkan mantan istrinya Magdalena Katuuk ke Polresta Manado sejak April 2016 silam. Sempat mengendap, kasus dugaan pemalsuan dokumen itu akhirnya dilimpahkan penyidik ke Kejari Manado.

“Iya, ini sesuai surat perintah penahanan tindak pidana pemalsuan dan atau dokumen, yang diduga dilakukan tersangka,” ujarnya.

Pantauan iNews, dengan raut wajah tegar, HT ditemani sejumlah stafnya digiring pihak Kejari dengan mobil dinas kejaksaan, untuk dibawa ke Rutan Malendeng. “Saya no comment dulu,” tutur HT saat berlalu ke mobil kejaksaan menuju rutan.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Inspektorat Pemkot Manado, HT sebelumnya menjabat sebagai kepala dinas kependudukan dan catatan sipil (Discapilduk) Manado. Dia dijerat dengan Pasal 93 Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan UU Nomor 23 Tahun 2006, dan atau Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Dokumen.


Editor : Donald Karouw