Tembok Puskesmas di Lombok Timur Longsor Timbun 9 Motor akibat Hujan Deras

Harikasidi, Ramli Nurawang ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 18:15 WIB
Tembok Puskesmas di Lombok Timur Longsor Timbun 9 Motor akibat Hujan Deras
Petugas BPBD dibantu warga mengevakuasi motor yang tertimbun tembok Puskesmas Selong, Lombok Timur. (Foto: iNews/Ramli Nurawang)

LOMBOK TIMUR, iNews.id - Hujan deras yang terjadi di Lombok Timur (Lotim), Nusa Tenggara Barat (NTB) mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir. Hujan dengan intensitas tinggi itu juga mengakibatkan tembok pagar Puskesmas Selong longsor dan menimbun sembilan motor milik karyawan dan pengunjung, Kamis 930/1/2020).

Tak hanya menerjang pagar tembok puskesmas, bangunan warga di pinggir bantaran sungai yang tidak jauh dari puskesmas tersebut juga ikut terseret hingga rusak berat.

Petugas BPBD dan tim SAR Lombok Timur langsung mengevakuasi sejumlah pasien puskesmas ke tempat yang lebih aman. “Kami dapat informasi bahwa terjadi longsor di Puskesmas Selo. Sekarang masih dalam penanganan dan proses evakuasi kendaraan,” kata petugas BPBD Lombok Timur, Lalu Habib.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Lotim juga mengakibatkan sejumlah titik di kawasan permukiman dan perkantoran tergenang banjir hingga lutut orang dewasa. Selain itu, beberapa pohon tumbang akibat diterjang angin kencang.

Cuaca ekstrem juga melanda Kota Mataram. Warga dibuat panik dan berhamburan keluar ruangan dan mencari tempat berlindung yang aman akibat angin kencang. Bencana itu mengakibatkan seorang pengendara motor harus dirawat di rumah sakit akibat terjatuh setelah tertimpa dahan pohon.

BMKG Mataram sebelumnya mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah NTB. BMKG mengimbau warga untuk mewaspadai potensi bencana.


Editor : Kastolani Marzuki