Tarekat Syattariyah di Aceh Rayakan Idul Fitri Lebih Cepat dari Pemerintah

Antara ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 10:59 WIB
Tarekat  Syattariyah di Aceh Rayakan Idul Fitri Lebih Cepat dari Pemerintah
Ribuan umat Islam melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Komplek Masjid Peuleukung, Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Sabtu (23/5/2020) pagi. (Antara)

NAGANRAYA, iNews.id - Umat Muslim pengikut Tarekat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, sudah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah, Sabtu (23/8/2020). Mereka sudah menggelar salat Idul Fitri.

Salah Id Tarekat Syattariyah itu dilaksanakan di Komplek Masjid Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya.

"Alhamdulillah hari ini kita sudah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah, setelah berpuasa sebulan penuh selama tiga puluh hari," kata cucu kandung Abu Habib Muda Seunagan, Teuku Raja Keumangan.

Dia mengatakan, pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri ini dilakukan setelah pelaksanaan puasa Ramadhan tuntas dilakukan selama satu bulan penuh, sesuai dengan tuntunan Al Quran dan hadits sahih.

"Metode pelaksanaan puasa Ramadhan dan penentuan Hari Raya Idul Fitri, menggunakan metode hisab (hitungan) bilangan lima, sesuai yang tertera dalam kitab," kata Teuku Raja Keumangan.

Meski dirayakan berbeda, dia berharap perbedaan ini semakin mempersatukan umat muslim di Aceh dan Tanah Air, dalam keberagaman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kementerian Agama menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1441 Hijriah, Jumat (22/5/2020). Secara hisab, awal Syawal 1441 H jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto