Tanpa Gejala, 3 Warga Kotawaringin Barat Positif Corona Hasil Tes Swab

Okezone, Sigit Dzakwan Pamungkas ยท Sabtu, 18 April 2020 - 12:42 WIB
Tanpa Gejala, 3 Warga Kotawaringin Barat Positif Corona Hasil Tes Swab
Ilustrasi virus corona. (Foto: Ist)

KOTAWARINGIN, iNews.id - Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali merilis data pasien virus corona. Perkembangan terkini, terkonfirmasi ada penambahan tiga warga positif kategori orang tanpa gejala (OTG) hingga Sabtu (18/4/2020).

Ketiganya merupakan orang yang kontak dekat dengan pasien positif Covid-19 di Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dan bagian klaster Gowa.

“Data per hari ini ada penambahan tiga warga yang positif Covid-19. Ini berdasarkan hasil swab laboratorium Litbangkes Surabaya. Jadi, per hari ini total ada 11 orang,” ujar Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kobar Ahmad Rois dalam jumpa pers live streaming, Sabtu (18/4/2020).

Dia menjelaskan, dari dari tiga orang yang positif ini punya riwayat perjalanan menghadiri Itijma Ulama Dunia di Kabupaten Gowa, Sulsel pada Maret lalu.

“Seorang lagi, punya kontak erat dengan pasien positif yang sudah dirawat di RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun sebelumnya," kata Rois.

Menurutnya, ke-11 orang yang positif corona ini tersebar di sejumlah wilayah. Seperti di Kampunga Baru Pangkalan Bun, Desa Umpang, Kecamatan Arsel, Desa Lada Mandala Jaya, Desa Purbasari Sari dan Desa Pandu Sanjaya di Kecamatan Pangkalan Lada.

“Untuk ODP ada 51 orang yang tersebar di 31 desa pada 6 kecamatan. Mereka masih isolasi mandiri. Kemudian PDP 9 orang tersebar di 6 desa pada 3 kecamatan yang kini masih dirawat di rumah sakit,” ucapnya.

Rois menambahkan, 11 orang yang positif Covid-19 mayoritas merupakan klaster Gowa, kemudian yang pernah perjalanan dari Provinsi Banten dan Kota Semarang, Jawa Tengah.

Direktur RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Fachruddin menambahkan, tiga yang positif baru ini merupakan hasil swab dari 13 OTG yang diisolasi di Klinik Kesuma. Ke-13 orang ini hasil tracing pasien yang sudah positif sebelumnya dan mereka yang ada riwayat perjalanan ke Gowa.

“Dari 13 OTG hanya tiga yang positif Covid-19. Namun, rencananya 10 orang lainnya akan kembali diambil swab untuk benar-benar negatif, sebelum mereka dipulangkan ke rumah masing masing,” kata Fachruddin.


Editor : Donald Karouw