Tanah Timbun di Pasar Induk Batam Ambles, 1 Warga Tewas dan Puluhan Rumah Rusak

Gusti Yennosa ยท Minggu, 29 Desember 2019 - 12:36 WIB
Tanah Timbun di Pasar Induk Batam Ambles, 1 Warga Tewas dan Puluhan Rumah Rusak
Warga bersih-bersih dan mengemasi beberapa perabotan rumah yang masih dapat diselamatkan setelah rumah mereka rusak akibat tertimbun tanah ambles di Pasar Induk Jodoh Kota Batam, Minggu (29/12/2019). (Foto: iNews/Gusti Yenosa)

BATAM, iNews.id – Tanah timbun di belakang Pasar Induk Jodoh, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) ambles pada Minggu (29/12/2019) pukul 04.00 WIB. Akibat kejadian ini, puluhan rumah rusak yang berada di bawah tanah timbun mengalami kerusakan dan mengakibatkan seorang warga tewas.

Keterangan warga bernama Oyong, peristiwa tersebut terjadi secara tiba-tiba. Diawali getaran yang terasa seperti gempa hingga menyebabkan banyak rumah warga roboh.

“Saat kejadian listrik juga mati, warga makin panik," ujar Oyong yang ditemui di tempat kejadian perkara (TKP), Minggu (29/12/2019).

Menurutnya, dalam kepanikan tersebut, banyak warga berlarian dan tidak sedikit warga, terutama perempuan dan anak-anak nyebur ke laut.

"Banyak yang masuk laut. Selain itu juga banyak warga tertusuk paku karena berlarian tak tahu arah," katanya.

Selain korban luka, satu warga bernama Sarina dinyatakan meninggal dunia. Korban diduga panik dan kaget lalu pingsan.

"Korban kaget saat warga panik dan berteriak teriak ketakutan. Mungkin karena hal itu korban langsung pingsan dan meninggal," katanya.

Pantauan di lokasi, warga sekitar tampak melakukan bersih-bersih dan mengemasi beberapa perabotan rumah mereka yang masih tersisa. Mereka mengaku tak berani masuk ke dalam karena takut terjadi longsor susulan.


Editor : Donald Karouw