Status Gunung Anak Krakatau Siaga, LPB MUI Siapkan Relawan Tanggap Bencana

Widya Michella Nur Syahid ยท Jumat, 29 April 2022 - 22:33:00 WIB
Status Gunung Anak Krakatau Siaga, LPB MUI Siapkan Relawan Tanggap Bencana
Gunung Anak Krakatau erupsi dua kali pada Sabtu (5/2/2022) pagi. (Foto: PVMBG)

JAKARTA, iNews.id – Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB MUI) menyiapkan relawan tanggap bencana menyusul peningkatan status siaga Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda. Karena itu, LPB MUI meminta BNPB dan steakholder lembaga kemanusiaan agar bersiap diri guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"LPB MUI Pusat akan menyiapkan relawan di wilayah Banten dan daerah-daerah yang berpotensi terkena dampak letusan gunung Anak Krakatau tersebut," ujar Ketua LPB MUI Pusat Prof. Jafar Hafsah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/4/2022). 

Jafar mengimbau kepada para pemudik, agar memperhatikan arahan petugas dilapangan jika nantinya status gunung Anak Krakatau terus meningkat.

Begitu juga di wilayah yang dilewati Gunung Anak Krakatau, pengurus MUI setempat agar berperan aktif bersama petugas terkait, memantau pergerakan status Gunung Anak Krakatau.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM dengan menaikkan status Gunung Anak Krakatau dari Waspada ke Siaga. Aktivitas gunung tersebut meningkat terus dalam beberapa waktu terakhir.

“Terdapat peningkatan aktivitas vulkanik dari bulan Februari kemudian berulang meningkat lagi pada 15 April. Kondisi ini diikuti juga oleh tremor menerus yang amplitudo tremornya makin hari makin meningkat,” kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: