Siang-Malam Polisi di Banten Patroli Jaga Rumah Pengungsi

Okezone ยท Senin, 24 Desember 2018 - 12:57 WIB
Siang-Malam Polisi di Banten Patroli Jaga Rumah Pengungsi
Proses evakuasi tim dari kepolisian dan relawan. (Foto: Antara).

SERANG, iNews.id - Kapolda Banten Brigjen Pol, Tomsi Tohir, memastikan keamanan rumah warga yang kosong karena ditinggal penghuninya ke tempat pengungsian.

Tohir mengatakan, masyarakat masih banyak yang mengungsi karena khawatir akan terjadinya tsunami susulan.

"Kita laksanakan patroli tidak hanya malam hari, tapi siang hari juga kita laksanakan patroli," kata Tohir kepada wartawan Mapolda Banten, Kota Serang, Senin (24/12/2018)

Patroli ini dilaksanakan tidak hanya di lokasi wisata saja, tapi juga patroli ke kampung-kampung yang ditinggalkan warga.

Personel yang diterjunkan dari Sabhara dan Brimob Polda Banten menggunakan senjata lengkap guna mengantisipasi tindakan kejahatan seperti pencurian, penjarahan dan tindakan kriminal lainnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan jangan percaya informasi yang beredar terkait adanya bencana susulan.

"Selalu krocek informasi yang beredar," ujar dia.

Sebelumnya, Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 11.453 pengungsi di Kabupaten Pandeglang. Kemudian, korban 207 orang meninggal dunia, 755 luka-luka, 7 orang hilang.

Warga di pesisir Pantai Pandeglang juga belum berani kembali ke rumahnya karena khawatir akan terjadi gelombang tsunami susulan.

"Kami dan anggota keluarga kembali ke rumah setelah cuaca kembali normal," kata Samsudin (55) warga Pantai Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal