Seorang Wanita dan Anggota Begal Bersenjata Samurai di Buton Dibekuk Polisi

Andhy Eba ยท Senin, 09 Desember 2019 - 19:16:00 WIB
Seorang Wanita dan Anggota Begal Bersenjata Samurai di Buton Dibekuk Polisi
Kawanan begal bersenjata samurai ditangkap polisi di Buton, Sultra, salah satunya perempuan. (Foto: iNews/Andhy Eba)

BUTON, iNews.idBegal perempuan dan komplotan spesialis jalan lintas Kabupaten Buton-Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), diringkus polisi, Minggu (8/12/2019) dini hari. Dalam melancarkan aksinya, pelaku mengancam pengendara roda dua dengan samurai.

IT (19), begal perempuan, dan kawanannya, SI (29), LA (33), FF (18) diringkus Satreskrim Polres Buton dibantu Satreskrim Polres Baubau. Penangkapan ini dilakukan sehari setelah mereka beraksi di Jalan Lintas Provinsi, Kawasan Perbukitan Teletubis, Pulau Buton.

Sebelum melancarkan aksi, mereka membuntuti kendaraan roda dua yang dijadikan target. Sesampainya di kawasan sunyi tak ada pengguna jalan, salah satu pelaku mendahului korban.

Saat sudah berada di depannya, pelaku menghunuskan samurainya agar korban menyerahkan dompet dan ponselnya. Kepada polisi, pelaku mengaku, uang dari hasil begal akan digunakan untuk berfoya-foya di Kota Baubau.

Kapolres Buton, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga mengatakan keempat pelaku mengendari dua sepeda motor saat beraksi. Seorang pelaku mengendarai sendiri, sementara tiga lainnya berboncengan.

“Begal perempuan ini tugasnya mengawasi situasi,” kata Agung, Senin (9/12/2019).

Kini kawanan begal dan barang bukti telah diamankan di Mapolres Buton untuk pemeriksaan lebih lanjut. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, mereka dikenakan pasal 368 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah