Sebulan Tidak Ada Hujan, Asap Kebakaran Hutan Selimuti Dumai

Antara ยท Rabu, 13 Februari 2019 - 18:01 WIB
Sebulan Tidak Ada Hujan, Asap Kebakaran Hutan Selimuti Dumai
Ilustrasi kabut asap menganggu warga. (Foto: Okezone).

PEKANBARU, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memantau, kabut asap akibat kebakaran hutan mulai menyelimuti Kota Dumai, Riau.

Analis BMKG Pekanbaru, Mia Fadila mengatakan, kabut asap tersebut diperkirakan dampak dari kebakaran lahan yang terjadi di wilayah pesisir Riau, seperti di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis dan di Kota Dumai sendiri.

"Hari ini asap terpantau di Kota Dumai dengan jarak pandang lima kilometer," kata Mia di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (13/2/2019).

Dalam dua pekan terakhir, kata dia, di sejumlah wilayah tersebut terus terbakar dengan luas hampir mencapai 100 hektare. BMKG dapat mendeteksi dari banyaknya titik api daerah-daerah itu.

Kepala Operasi Manggala Agni Dumai, Jusman, membenarkan kalau kabut asap mulai menyelimuti daerahnya. Namun, kata dia, asapnya tergolong tipis dan tak sampai mengganggu aktivitas masyarakat.

Dia pun mengakui kalau kabut asap ini akibat kiriman kebakaran di Pulau Rupat, dan juga kebakaran lahan yang melanda Dumai dalam sepekan terakhir.

"Di Pulau Rupat kebakaran masih besar dengan luas 70 hektare. Di Dumai sekitar 10 hektare menyebar di beberapa titik," ujarnya.

Menurutnya, potensi kebakaran di Kota Dumai tinggi, karena cuaca di sana yang panas sejak sebulan terakhir. Pihaknya pun terus melakukan pemadaman api, dan masyarakat diimbau berdoa supaya hujan turun dalam waktu dekat.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal