Satgas Tinombala Bantu Evakuasi Ibu Melahirkan Pakai Helikopter

Andi Mohammad Ikhbal ยท Senin, 29 Juli 2019 - 12:05 WIB
Satgas Tinombala Bantu Evakuasi Ibu Melahirkan Pakai Helikopter
Proses evakuasi ibu melahirkan dengan helikopter TNI Satgas Tinombala. (Foto: Istimewa).

PARIMO, iNews.id - Pasukan TNI dari Satgas Tinombala membantu proses evakuasi ibu melahirkan di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng). Saat itu, kondisi ibu dan anak saat itu sedang dalam kondisi kritis.

Dalam siaran pers yang diterima iNews.id, kronologi berawal ketika tujuh personel TNI menuju Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, dipimpin Mayor Cpn Andung Riyadi pada Sabtu (27/9/2019).

Saat tiba, personel sedang menurunkan logistik dari helikopter, mendapat laporan dari dari Danpos Air Teh, Lettu Inf Handarwoko. Dikabarkan ada ibu hamil yang sedang melahirkan, dan dalam kondisi kritis, karena sebagian badan bayi sudah keluar.

BACA JUGA: Viral Prajurit TNI di NTT Terekam Kamera Suapi Kakek di Depan Warung Makan

Belum lagi, di wilayah tersebut tidak terdapat tenaga medis yang dapat menolong persalinannya. Sedangkan bila harus evakuasi ke Kecamatan Sausu, memerlukan waktu sampai lima jam perjalanan, sehingga perlu solusi secepatnya.

Helikopter yang baru tiba langsung berangkat ke Dusun Air Teh untuk proses evakuasi ibu, Heriani, dari Dusun Tagara. Setelah tiba, helikopter langsung menuju puskesmas di Kecamatan Sausu. Petugas kesehatan pun langsung menyambut ibu hamil tersebut.

BACA JUGA: Tangis Haru Keluarga Antar Keberangkatan Satgas Pamtas RI-Malaysia ke Nunukan

Saat ini Ibu Heriani telah melahirkan dalam keadaan selamat. Anaknya berjenis kelamin laki-laki diberi nama Muhammad Helly Perkasa. Karena, proses kelahirannya dibantu personel TNI dengan menggunakan helikopter (helly).

Kemudian pihak keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada Satgas Tinombala yang telah membantu dalam proses evakuasi persalinan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal