Rusak Tanaman Warga, Kaesang Ditangkap dengan Bantuan 3 Gajah

Banda Haruddin Tanjung ยท Minggu, 22 Agustus 2021 - 17:30:00 WIB
Rusak Tanaman Warga, Kaesang Ditangkap dengan Bantuan 3 Gajah
Evakuasi gajah liar bernama Kaesang dan Dodo dengan bantuan gajah latih (FOTO/BBKSDA Riau)

Evakuasi dua gajah liar bukan hal mudah tentunya dan memakakan waktu yang cukup lama. Pada 19 Agustus 2021, tiga ekor gajah latih sampai di lokasi. Gajah latih ini ditempatkan di kebun warga yang tidak jauh dari Kaesang dan Dodo. 

Ketiga gajah itu memancing agar Dodo dan Kaesang. Caranya adalah dengan memberikan makan. Sekitar pukul 20.00 WIB, Dodo dan Kaesang muncul dan mendatangi tiga gajah itu. Merekapun makan bersama. 

"Sekitar pukul 00.00 WIB, kita memutuskan untuk menangkap dua gajah liar tersebut. Proses evakuasi berjalan cukup panjang hingga akhirnya pukul 04.00 WIB, kedua gajah telah dinaikkan ke dalam mobil angkut," imbuhnya.

Kedua gajah itu dibawa ke kawasan TNTN melalui aksi akses areal perusahaan-perusahaan. Pada 21 Agustus kedua gajah itu sampai ke salah satu titik di TNTN. 

Pukul 09.00 WIB, lanjut Hansen, gajah latih dan gajah liar tiba di lokasi pelepasliaran. Lokasi ini berada di perbatasan antara konsesi PT. RPI/PT. RLZ dan kawasan TNTN.

"Gajah liar berhasil dilepasliarkan dengan bantuan gajah latih. Kedua gajah liar itu sekarang sudah bergabung dengan kelompoknya yang berada pada salah satu kantong gajah yang ada di Provinsi Riau," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: