Ruangan Pasien Positif Covid-19 di Batam Penuh

Antara ยท Minggu, 26 April 2020 - 17:18 WIB
Ruangan Pasien Positif Covid-19 di Batam Penuh
Ilustrasi (Foto Ist)

BATAM, iNews.id - Ruangan untuk merawat pasien lelaki yang positif Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau penuh. Sehingga otoritas kesehatan setempat sempat kesulitan menempatkan pasien yang baru dinyatakan positif virus corona.

"Untuk perempuan bisa, untuk laki-laki enggak bisa," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Minggu (26/4/2020).

Didi Kusmarjadi meminta Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam untuk mengatur ulang posisi tempat tidur, sehingga pasien tersebut bisa dirawat di sana. "Diatur ulang bagaimana bisa masuk pasien ini," kata dia.

Menurut dia, RSBP Batam bisa menampung 20 pasien, dan RSUD Embung Fatimah 8 pasien. Namun, karena harus menyesuaikan jenis kelamin, maka ada hambatan.

Sebenarnya pasien itu hendak dirujuk di RS Penyakit Infeksi Pulau Galang, namun ternyata tidak bisa dirawat di sana. Akhirnya terpaksa mengatur ulang posisi tempat tidur di RSBP Batam.

Saat ini seorang pasien positif baru yakni anggota Polri yang bertugas di salah satu Polsek di kota setempat. Pasien itu hasil pemeriksaan dari orang-orang yang ditelusuri memiliki kontak erat dengan klaster ASN.

Pasien diketahui tidak pernah melakukan perjalanan keluar daerah baik keperluan dinas maupun keluarga. Namun, yang bersangkutan merupakan rekan satu tim dengan suami terkonfirmasi positif, kasus ke-15 Kota Batam.


Editor : Faieq Hidayat