Ribuan Rumah di Pangkalpinang Terendam Banjir akibat Hujan Deras sejak Siang

Haryanto ยท Sabtu, 14 Desember 2019 - 18:29 WIB
Ribuan Rumah di Pangkalpinang Terendam Banjir akibat Hujan Deras sejak Siang
Banjir merendam sejumlah wilayah di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Sabtu (14/12/2019). (Foto: iNews/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, sejak Sabtu (14/12/2019) siang membuat sejumlah wilayah terendam banjir. Ketinggian air bervariasi di antara 30 centimeter hingga satu meter.

Selain merendam ribuan rumah di sembilan kelurahan di Kota Pangkalpinang, banjir juga menggenangi beberapa fasilitas umum seperti SPBU dan sekolah.

Hingga saat ini, warga masih memilih bertahan di rumah masing-masing sambil berharap genangan air segera surut. Hujan terpantau masih mengguyur dengan intensitas sedang.

Menurut Eli, salah satu korban banjir mengatakan saat ini hujan dengan durasi dua jam sudah membuat banjir. “Apalagi mungkin air laut lagi pasang,” katanya.

BACA JUGA: Kerugian akibat Banjir dan Longsor di Limapuluh Kota Sumbar Mencapai Rp51,85 Miliar

Personil Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang dibantu BPBD Provinsi Bangka Belutung, Tagana dan polisi dikerahkan untuk membantu warga terutama di kawasan parah seperti Kecamatan Tamansari.

Kepala BPBD Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan lebih dari seribu rumah terpapar banjir dari sembilan keluaran. Setiap kelurahan ada sekitar 150 rumah terdampak banjir.

Sambil menunggu instruksi dari Kalaksa BPBD Provinsi Bangka Belitung, petugas terus disiagakan di kawasan yang terdampak. Mereka siap melakukan evakuasi jika air tidak kunjung surut.

“Saat ini masih hujan gerimis, dan kami masih terus siaga,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah