Ribuan Pengungsi Erupsi Gunung Ile Lewotolok Lembata Dipulangkan

Antara ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 17:31:00 WIB
Ribuan Pengungsi Erupsi Gunung Ile Lewotolok Lembata Dipulangkan
Tim memberikan minuman kepada empat anak dan satu pemuda yang sempat tersesat setelah lari menyelamatkan diri saat erupsi Gunung Ile Ape atau Ile Lewotolok erupsi pada Minggu (29/11/2020) pagi. (Foto: Istimewa)

KUPANG, iNews.id – Ribuan pengungsi erupsi Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, NTT dari 15 desa telah dipulangkan ke rumah masing-masing. Mereka sudah mengungsi sejak akhir November 2020 lalu. 

Kini, tinggal warga satu desa yang belum dipulangkan karena wilayahnya berada di radius 4 km dari puncak gunung tersebut. 

"Warga dari 15 desa sedang dalam proses pemulangan. Tinggal satu desa yaitu Desa Jontana yang belum bisa dipulangkan karena berada pada radius di dalam 4 km dari kawasan bencana," kata Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, Selasa (5/1/2020).

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan perkembangan proses pemulangan pengungsi dari 16 desa yang ada di dua kecamatan akibat erupsi Gunung Ile Lewotolok.

Pemerintah Kabupaten Lembata selama dua hari terakhir ini memulai proses pemulangan ribuan para pengungsi ke desa-desa mereka, setelah lebih dari satu bulan meninggalkan kampung halaman mereka akibat erupsi Gunung Ile Lewotolok.

Menurut dia, pemerintah menyiapkan puluhan kendaraan truk untuk mengangkut warga kembali ke desa-desa mereka beserta barang-barang bawaan.

Dia berharap, paling lambat satu atau dua hari ke depan, proses pemulangan para pengungsi sudah bisa selesai dilakukan.

"Kami juga tentu berharap, warga tetap waspada karena Gunung Ile Lewotolok masih terus beraktivitas, walaupun dalam skala kecil," katanya. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: