Ribuan Bahan Peledak Temuan Masyarakat dan Sitaan dari Pelaku Kejahatan Dimusnahkan Polda NTB

Harikasidi ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 17:02:00 WIB
Ribuan Bahan Peledak Temuan Masyarakat dan Sitaan dari Pelaku Kejahatan Dimusnahkan Polda NTB
Proses pemusnahan bahan peledak di Polda NTB, Kamis (10/10/2019). (Foto: iNews.id/Harikasidi)

MATARAM, iNews.id – Sebanyak 2.064 bahan peledak dimusnahkan Satbrimob Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (10/10/2019). Barang-barang ini merupakan hasil temuan masyarakat, polisi dan sitaan dari pelaku kejahatan.

Panitia Disposal barang bukti bahan peledak Satbrimob Polda NTB, AKBP Wayan Budiarsa menyebutkan barang bukti yang dimusnahkan terdiri atas depalan buah mortar, delapan buah granat pragmentasi, 41 buah granat ofensif, satu buah granat pelontar, 2 ribu detonator rakitan dan enam botol bom ikan.

Disposal atau pemusnahan barang bukti bahan peledak dilakukan di Mako Brimob Polda NTB dengan tim Gegana Briomb sebagai eksekutornya.

Kapolda NTB, Irjenpol Nana Sudjana mengatakan pemusnahan barang bukti ini perintah Kapolri agar kasus meledaknya gudang penyimpanan bahan peledak di Pulau Jawa, tidak terulang.

“Pemusnahan bahan peledak ini merupakan yang pertama kali di wilayah hukum Polda NTB,” katanya.

Barang bukti bahan peledak yang didisposal atau dimusnakan ini sebagian merupakan peninggalan dari Perang Dunia II dan milik Tentara Jepang. Penyimpanan bahan peladak ini juga dipisah dengan peralatan persenjataan yang lain mengingat sebagian barang ini masih memiliki daya ledak aktif.

Editor : Umaya Khusniah