Registrasi Kartu SIM Prabayar, Warga Kolaka Serbu Kantor Disdukcapil

Asdar Lanroro ยท Selasa, 31 Oktober 2017 - 20:50:00 WIB
Registrasi Kartu SIM Prabayar, Warga Kolaka Serbu Kantor Disdukcapil
Disdukcapil Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. (Foto: iNews/Asdar Lanroro)

KOLAKA, iNews.id - Setelah adanya Peraturan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 21 Tahun 2017 tanggal 18 Oktober 2017. Mengharuskan pelanggan kartu SIM prabayar melakukan registrasi data pribadi berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Membuat sejumlah warga Kolaka berbondong – bondong mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Warga yang datang dari berbagai daerah di kolaka ini, harus rela duduk di kursi antrian untuk mendapatkan giliran mengurus KTP. Karena pada umumnya warga yang datang, tidak dapat melakukan registrasi SIM karena tidak memiliki dokumen kependudukan.

Menurut Marha salah seorang warga mengatakan, meski sudah mengetahui tatacara registrasi, tetapi dirinya masih harus menunggu proses pembuatan KTP nya selesai. “Ngurus KTP buat registrasi Kartu,” ujarnya, Selasa (31/10/2017).

Selain itu, Rahmat juga mengalami kasus yang berbeda, yakni gagal melakukan registrasi lantaran NIK yang tidak valid. Dia mengaku berulang kali registrasi tetapi mereka harus tetap mengecek NIK di kantor Disdukcapil Kolaka. “Kalau saya susah terdaftar, ada salah NIK makanya saya melapor ke Disdukcail,” kata Rahmat.

Meski langkah – langkah registrasi cukup merepotkan, tetapi hal tersebut dinilai positif. Sebab dengan registrasi kartu, diharapkan dapat mengurangi tindak kejahatan melalui telepon seluler.

 

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel: