Razia Rutan di Palangkaraya, Petugas Kemenkumham Kalteng Sita Sajam Buatan

Ade Sata ยท Sabtu, 14 Desember 2019 - 13:14 WIB
Razia Rutan di Palangkaraya, Petugas Kemenkumham Kalteng Sita Sajam Buatan
Salah satu contoh senjata tajam buatan yang disita petugas di Rutan Kelas 2A Palangkaraya, Kalteng. (Foto: iNews/Ade Sata)

PALANGKARAYA, iNews.id - Kementerian Hukum dan HAM, Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar razia mendadak di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2A Palangkaraya, Jumat (13/12/2019) malam. Meski tidak menemukan narkoba atau handphone yang menjadi target, petugas menyita berbagai benda yang dilarang seperti senjata tajam (sajam) buatan yang berpotensi membahayakan.

Seluruh ruangan sel rutan yang ada di Jalan Tjilik Riwut Palangkaraya ini disisir dan digeledah petugas untuk mencari narkotika, handphone dan benda berbahaya lain. Selain sel, petugas juga melakukan penggeledahan badan narapidana satu per satu.

Meski belum mendapatkan sasaran utama, petugas berhasil mengamankan berbagai benda yang dilarang masuk dalam sel di antaranya kipas angin, korek api, sendok, kabel dan charger handphone. Selain itu, petugas juga menyita benda-benda yang dianggap berbahaya seperti sejumlah pisau cutter dan beberapa sajam buatan.

Kepala Devisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalten, Hanibal mengatakan razia dilakukan sebagai komitmen Kemenkumham baik pusat dan daerah untuk memerangi peredaran narkoba dan penggunaan handphone di lingkungan rutan maupun lapas.

“Kami sudah berkomitmen memerangi narkoba terutama. Kami rutin lakukan penggeledahan,” katanya.

Bagi narapidana yang kedapatan menyimpan pisau atau sajam buatan, petugas akan memberikan sanksi isolasi selama enam hari dan dilarang untuk dibesuk keluarga.


Editor : Umaya Khusniah