Rawan Bencana, Pemprov Lampung Didesak Bentuk Baznas Tanggap Bencana

Antara ยท Senin, 24 Februari 2020 - 23:00 WIB
Rawan Bencana, Pemprov Lampung Didesak Bentuk Baznas Tanggap Bencana
Ilustrasi bencana alam (Antara)

LAMPUNG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Lampung didesak untuk membentuk Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tanggap bencana. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi jika terjadi bencana di Lampung.

"Lampung merupakan daerah rawan bencana, dan ternyata belum memiliki Baznas tanggap bencana untuk mengantisipasi bila terjadi bencana," kata Ketua Baznas Bambang Sudibyo kepada wartawan, Senin (24/2/2020).

Bambang menambahkan, Baznas tanggap bencana ini banyak manfaatnya untuk daerah yang tertimpa bencana. Selain itu, Baznas tanggap bencana bisa sigap membantu masyarakat.

"Saya berharap Baznas tanggap bencana dibentuk, sehingga jika ada bencana, petugas dapat langsung sampai ke daerah terdampak secepat mungkin untuk membantu masyarakat," kata dia.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, Baznas tanggap bencana ini dibutuhkan agar wilayah terdampak bencana di Lampung bisa cekatan dan langsung membantu warga.

"Zakat yang terkumpul dapat langsung bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Tidak ada pembedaan latar belakang agama, sebab dalam situasi bencana kita harus menyelamatkan siapapun tanpa terkecuali," kata Bambang.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto