Ratusan Santri Pesantren di Bengkulu Keracunan usai Santap Telur Sambal

Endro Dwirawan ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 14:52 WIB
Ratusan Santri Pesantren di Bengkulu Keracunan usai Santap Telur Sambal
Sebagian santri Pondok Pesantren Nurul Qomariyah yang keracunan dirawat di tenda BNPB di Kota Bengkulu, Jumat (13/8/2020) (Foto: iNews/ Endro Dwirawan)

BENGKULU, iNews.id – Ratusan santri Pondok Pesantren Nurul Qomariyah yang terletak di Kelurahan Padang Serai, Kota Bengkulu, keracunan usai memakan nasi dengan lauk telur sambal, Jumat (14/8/2020). Para santri segera dilarikan ke sejumlah rumah sakit yang ada di Kota Bengkulu.

Mereka mengalami gejala keracunan seperti mual-mual, pusing, dan muntah. Sedikitnya ada 51 santri yang dibawa ke RSUD Kota Bengkulu dan sebagian lainnya dirawat di beberapa rumah sakit lain dan puskesmas.

“Siang ini masih terus berdatangan, sekarang ada 51 orang. Yang jelas, kami tangani dulu. Kalau keracunan biasanya diare dan kekurangan cairan, kita tangani itu dulu,” kata Direktur RSUD Kota Bengkulu Dokter Lista Cherlyvierra.

Informasi dari pihak Pondok Pesantren, sebelumnya para santri ini menyantap sarapan pagi berupa nasi dan telur bersambal yang disediakan oleh pengurus ponpes. Namun, tidak lama kemudian banyak yang mual, pusing, dan muntah-muntah.

“Sampel tadi udah kita bawa, yang pasti kita cek. Biasanya kalau keracunan ada makanan yang basi atau ada bakteri seperti E.coli. Nanti kita lihat,” kata Lista.

Selain mendapatkan perawatan, para santri juga akan menjalani rapid test, sesuai dengan prosedur penanganan di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan pantauan iNews hingga Jumat sore ini, ambulans masih terus berdatangan ke RSUD kota Bengkulu membawa santri yang keracunan.


Editor : Maria Christina