Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah di Tulangbawang, 2 Orang Tewas

Andres Afandi, Antara · Kamis, 21 Mei 2020 - 00:34 WIB
Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah di Tulangbawang, 2 Orang Tewas
Puluhan rumah warga di Tulangbawang Lampung rusak parah akibat diterjang puting beliung, Rabu (20/5/2020) sore. (Foto: Antara)

TULANGBAWANG, iNews.id - Ratusan rumah tiga kampung di Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulangbawang Lampung porak poranda setelah diterpa angin puting beliung, Rabu (20/5/2020) petang. Selain merusak permukiman, persitiwa tersebut juga mengakibatkan dua orang tewas.

Detik-detik sesaat pasca-angin puting beliung menerjang pemukiman warga di tiga kampung yaitu, Kampung Tri Mulya Jaya, Tri Tunggal Jaya, dan Dwi Warga Tunggal Jaya terekam video amatir warga. Angin puting beliung yang datang bersamaan dengan hujan deras sekitar pukul 15.00 WIB lanngsung memporak porandakan permukiman warga beberapa di antaranya rata dengan tanah.

Tangis hesteris warga sempat terkam video amatir warga saat mengevakuasi salah seorang bocah yang sempat terjebak di rumahnya yang ambruk dan rata dengan tanah akibat diterjang kencangnya angin.

Berdasarkan data sementara, sedikitnya 100 lebih rumah warga mengalami keruskaan 66 di antaranya rusak berat. Dua orang tewass dalam peristiwa itu akibat tertimpa pohon saat sedang berada di dalam rumahnya.

“Atas peristiwa tersebut terdata korban meninggal dunia berjumlah dua orang, luka berat lima, luka ringan satu. Rumah rusak berat ada 66, rusak ringan 179 dan satu ekor sapi mati,” kata Kabid Kesiapsiagaan Bencana BPBD Tulangbawang, Apridawati.

Bupati Tulangbawang, Winarti menyampaikan keprihatinan dan duka cita atas bencana putting beliung yang melanda tiga desa di daerahnya.

"Saya sampaikan keprihatinan kepada masyarakat yang terkena musibah ini. Semoga tetap sabar, kita semua tentu tidak berharap bencana ini," kata Winarti.


Editor : Kastolani Marzuki