Puting Beliung Hancurkan Kantor Pemkab, Bupati Sumba Tengah Terpaksa Berkantor di Rumah

Dion Umbu Ana Lodu ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 13:14 WIB
Puting Beliung Hancurkan Kantor Pemkab, Bupati Sumba Tengah Terpaksa Berkantor di Rumah
Ruang tunggu Bupati SUmba Tengah, NTT rusak parah diterjang puting beliung pada Jumat (6/12/2019). Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (Foto: iNews/Dion Umbu Ana Lodu)

SUMBA TENGAH, iNews.id – Puting beliung menerjang Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur pada Jumat (6/12/2019). Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Tengah dibuat porak poranda.

Menurut pantauan di lokasi pada Sabtu (7/12/2019) kerusakan parah terlihat di kantor pemkab. Plafon dan atap di lobi utama gedung runtuh. Saat hujan kembali mengguyur, air menggenangi bagian lobi.

Kaca-kaca juga tampak berserakan. Sementara kerangka atap terlihat miring.

BACA JUGA: Puting Beliung Terjang Ponorogo, 4 Rumah Ambruk dan Puluhan Rusak Berat

Kerusakan parah juga terlihat di ruang kerja bupati, wakil bupati, dan sekretaris daerah (sekda) Sumba Tengah. Plafon-plafon runtuh menimpa sofa-sofa dan peralatan kerja yang ada di dalam.

Pejabat dan petugas kebersihan pun bergotong royong membersihkan puing-puing akibat terjangan angin kencang. Mereka juga menyelamatkan barang-barang inventaris kantor serta dokumen-dokumen ke tempat yang lebih aman.

Akibat kejadian ini sejumlah pejabat termasuk bupati, wakil bupati, dan sekda terpaksa berkantor sementara di rumah masing-masing di awal pekan depan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Sumba Tengah, Umbu Djanga.

BACA JUGA: Grobogan Diterjang Puting Beliung, 4 Rumah di Kecamatan Godong Rata dengan Tanah

“Kerusakan parah justru terjadi di ruangan bupati, wakil bupati, dan sekda. Dengan kondisi itu, terpaksa kegiatan pemerintahan dan pelayanan masyarakat tak bisa dilakukan. Bupati nanti terpaksa berkantor sementara di rumah masing-masing,” ucapnya.

Bupati Sumba Tengah Paulus Sekayu Karugu Limu sudah memberikan surat edaran kepada pegawai di lingkungan pemkab untuk menyesuaikan diri dengan kondisi kantor. Beruntung kejadian tersebut tak menimbulkan korban jiwa karena kondisi kantor pemkab dalam keadaan kosong.

Kejadian itu membuat pegawai di lingkungan Pemkab Sumba Tengah waspada. Apalagi saat ini cuaca memasuki musim hujan. Ditambah menara yang ada di kantor pemkab sudah tampak miring akibat terjangan puting beliung kemarin. Menara tersebut dikhawatirkan roboh jika diterjang angin kencang lagi.


Editor : Rizal Bomantama