Pura-Pura Mancing Ikan, 2 Pengedar Narkoba di Tarakan Ditangkap Bawa Sabu 6 Kg

Usman Coddang ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 20:29 WIB
Pura-Pura Mancing Ikan, 2 Pengedar Narkoba di Tarakan Ditangkap Bawa Sabu 6 Kg
Kepala BNNP Kaltara Brigjen Pol Henry Simanjuntak menunjukan sabu seberat 6 kg yang diamankan dari dua pengedar narkoba. (Foto: iNews/Usman Coddang)

TARAKAN, iNews.id – Dua pengedar narkoba ditangkap tim gabungan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Utara (Kaltara) saat memancing ikan di kawasan Pantai Amal Tarakan, Selasa (23/6/2020). Dari penangkapan kedua Bandar itu, petugas gabungan menemukan enam kg sabu siap edar yang disimpan di bawah speedboat.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol Henry Simanjuntak mengatakan, kedua pengedar narkoba yang ditangkap masing-masing berinisial Es (39) dan Ey (36).

“Kedua pelaku terbukti menyembuyikan 6 kg sabu yang disimpan bawah kursi speedboat yang mereka gunakan untuk memancing ikan,” katanya.

Dia mengungkapkan, penangkapan kedua pengedar itu berawal  dari laporan masyarakat yang curiga dengan gelagat kedua orang itu. Petugas BNNP bersama Bea Cukai kemudian menindaklanjuti laporan itu dengan menyelidiki di lapangan.

“Petugas semakin curiga karena alat pancing yang digunakan sangat sederhana ditambah mereka menggunaka speedboat angkutan umum, bukan perahu atau kapal biasa untuk memancing ikan,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan, kata dia, Es merupakan pelaku utama dari kasus tersebut dan mengajak pelaku Ey  yang bertindak sebagai motoris untuk menjemput sabu-sabu sekaligus memancing.

“Kedua pelaku ini ternyata tidak hanya sekali melakukan aksinya, tapi sudah tiga kali,” ujarnya.

Akibat perbuatannya itu, kedua pelaku terancam hukuman mati dengan denda mencapai Rp10 miliar. Keduaya kini harus mendekam di ruang tahanan BNNP Kalimantan Utara untuk kepentingan penyidikan penyelundupan kasus sabu dari Malaysia itu.


Editor : Kastolani Marzuki