Positif Covid-19, Penumpang Lion Air Asal Riau Lolos Terbang ke Jakarta

Sindonews, Banda Haruddin Tanjung ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 10:30 WIB
Positif Covid-19, Penumpang Lion Air Asal Riau Lolos Terbang ke Jakarta
Ilustrasi pesawat Lion Air bersiap take off dari bandara. (Foto: Dok iNews).

PEKANBARU, iNews.id - Seorang penumpang Pesawat Lion Air asal Riau positif Covid-19 lolos terbang ke Jakarta. Dia ternyata berbekal hasil rapid test yang menyatakan non-reaktif.

Penumpang tersebut berinsial ES (56). Dari keterangan tiketnya, dia melakukan perjalanan dengan Pesawat Lion Air dengan tujuan Pekanbaru - Jakarta.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yopi mengatakan, ES lolos dari bandara berbekal hasil rapid test yang non-reaktif. Padahal sebelumnya dia melakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif di rumah sakit Kabupaten Rokan Hulu.

"Petugas medis langsung melakukan tes swab. Pasien kami minta untuk isolasi mandiri untuk menunggu hasil tes tersebut. Ternyata dia malah pergi ke Jakarta," kata dr Indra di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (6/7/2020).

Hasil tes swab yang dilakukan pada 2 Juli lalu, kata dia, baru keluar hari ini (Senin). Ternyata penumpang tersebut terkonfirmasi positif virus corona, namun saat akan menjalani perawatan, yang bersangkutan sudah terbang ke Jakarta.

"Katanya dia punya rapid test hasilnya negatif," ujar dia.

Gugus tugas pun langsung berkoordinasi dengan maskapai Lion Air dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melacak siapa saja yang kontak erat dengan pasien, termasuk yang satu bangku dengannya.

"Kita akan mencari tau dengan siapa pasien satu bangku. Untuk yang memiliki kontak dengan pasien diharapkan langsung melapor dan dilakukan swab," tukasnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal