Polres Dumai Bongkar Perdagangan Orang yang Dikendalikan Napi

Dedi Iswandi ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 18:10 WIB
Polres Dumai Bongkar Perdagangan Orang yang Dikendalikan Napi
Polres Dumai bongkar perdagangan manusia (Dedi Iswandi/iNews)

DUMAI, iNews.id - Jajaran Polres Dumioa membongkar sindikat perdagangan manusia. Parahnya, perdagangan ini dikendalikan oleh seorang narapidana di Rumah Tahanan (rutan) Klas II B Dumai, Riau.

Kapolres Dumai AKBP Andry Ananta Yudistira mengatakan, dalam kasus ini polisi menangkap tujuh orang pelaku. Tujuh pelaku yakni JR, YR, PR, ZE, KU, SS dan SM.

“Dari hasil pemeriksaan, tujuh pelaku mengaku mendapat perintah dari napi berinisial TSS,” kata Andry, Sabtu (20/6/2020).

Andry menambahkan, TSS merupakan napi yang ditangkap atas kasus yang sama. Saat ini TSS sedang menjalani hukuman lima tahun satu bulan penjara.

Lebih lanjut Andry mengatakan, penangkapan ini merupakan pengembangan dari kasus pekerja migran Indonesia (PMI) asal Malaysia yang masuk ke Dumai secara ilegal.

“Mereka sudah tiga kali beraksi menyelundupkan manusia lewat Dumai. Mereka memanfaatkan situasi Covid-19 di mana petugas sedang sibuk mengurus kasus Covid-19,” kata dia.

Sementara itu, para pelaku mempunyai peran yang berbeda. Untuk pelaku JR, YR, PR dan ZE menyediakan mobil transaportasi. Sedangnkan pelaku KU, SS dan SM sebagai perekrut orang dari Malaysia secara ilegal.

Selain menangkap pelaku, polisi menyita barang bukti berupa speedboat, empat unit mobil, delapan ponsel, 15 paspor, sejumlah buku tabungan.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal Berlapis Yakni UUD No 21 Tahun 2007 Tentang Perdagangan Orang Dan UUD No 06 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto