Polisi Selidiki Motif Pelajar STM Serang dan Rusak Gedung DPRD Jambi

Adrianus Susandra, Antara ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 21:45:00 WIB
Polisi Selidiki Motif Pelajar STM Serang dan Rusak Gedung DPRD Jambi
Kantor DPRD Jambi diserang dan dirusak massa pelajar STM yang belum diketahui motifnya, Rabu (7/10/2020). (Foto: iNews/Adrianus Susandra)

JAMBI, iNews.id – Polisi menyelidiki motif ratusan pelajar STM (SMK) menyerang dan merusak Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi, Rabu (7/10/2020). Akibat insiden itu, beberapa kaca kantor pecah dan pintu utama DPRD rusak parah. Dua mobil dinas juga tak luput dari sasaran para pelajar.

Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Iman Setiawan mengatakan, masih menyelidiki motif penyerangan dan perusakan Gedung DPRD oleh ratusan pelajar tersebut apakah terkait pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law) atau ada sebab lain.

“Mereka ini para pelajar STM. Kita masih dalami motifnya. Kalau soal demo penolakan UU Cipta Kerja sudah dilakukan buruh dan berjalan tertib,” katanya.

Saksi mata, Intan mengatakan, para pegawai yang tidak siap dengan aksi para pelajar tersebut berupaya menyelamatkan diri. “Kami semua langsung menyelamatkan diri agar tidak tekena lemparan oleh pelajar. Dua pelajar sempat diamankan, namun dilepas lagi karena ratusan temannya kembali menyerang,” ujarnya.

Massa pelajar bersepeda motor itu tiba-tiba masuk kantor wakil rakyat dan merusak sejumlah fasilitas kantor dan mobil dinas.

Ketua DPRD Kota Jambi Putra Absor Hasibuan mengaku menyerahkan penyelidikan dan pemeriksaan atas tindakan perusakan dan pelemparan batu pelajar STM itu ke polisi.

"Kami serahkan penyelidikan dan pemeriksaan aksi anarkis di kantor DPRD Kota Jambi kepada pihak kepolisian," kata Putra Absor Hasibuan.

Aksi anarkis yang diduga dilakukan oleh pelajar tersebut dilakukan secara mendadak. Sebelumnya tidak ada pemberitahuan terkait aksi tersebut.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: