Polisi Maumere Hancurkan Ratusan Knalpot Racing dengan Alat Berat

Joni Nura ยท Senin, 03 Februari 2020 - 13:26 WIB
Polisi Maumere Hancurkan Ratusan Knalpot Racing dengan Alat Berat
Polres Sikka NTT hancurkan ratusan knalpot racing (Joni Nura/iNews)

MAUMERE, iNews.id - Jajaran Polres Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) memusnahkan ratusan knalpot racing yang kerap digunakan warga. Sedikitnya ada 350 knalpot racing yang dimusnahkan.

Kapolres Sikka AKBP Rickson Situmorang mengatakan, 350 knalpot itu didapat dari hasil razia atau operasi kepolisian sejak pekan lalu. Selain menyita ratusan knalpot, pihaknya juga menyita 500 sepeda motor.

"Ini sekitar 350 kendaraan yang semuanya menggunakan knalpot racing. Knalpot yang tidak sesuai dengan standart pemerintah," kata Rickson kepada wartawan di Mapolres Sikka, Senin (3/2/2020).

Rickson menambahkan, nantinya setelah pemusnahan knalpot, pihaknya akan melakukan tilang terhadap ratusan sepeda motor yang menggunakan knalpot racing.

Ratusan knalpot racing dimusnahkan dengan cara dilindas alat berat (iNews/Joni Nura)
Ratusan knalpot racing dimusnahkan dengan cara dilindas alat berat (iNews/Joni Nura)

Pemusnahan knalpot itu dilakukan di halaman Mapolres Sikka. Dari pantauan di lapangan, knalpot itu dijejer dua baris hingga panjang.

Knalpot-knalpot itu kemudian dilindas dengan Double Drum Roller atau alat berat. Tampak, knalpot sepeda motor, mobil yang didapat dari razia langsung gepeng. Pemusnahan ini turut disaksikan oleh ratusan siswa SMP dan SMA di Kota Maumere.

Rickson menegaskan, operasi knalpot racing akan terus dilakukan, pasalnya suara yang dihasilkan dari knalpot racing sangat menganggu telinga.

"Kami mengimbau agar pemilik motor tidak menggunakan knalpot racing. Gunakanlah knalpot standart pabrik," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto